Bola Internasional

Mengintip Hadiah Uang Juara Piala AFF 2020, Terus Meningkat!

Jumat, 3 Desember 2021 15:46 WIB
Editor: Juni Adi
© affsuzukicup.com
Trofi Piala AFF Copyright: © affsuzukicup.com
Trofi Piala AFF

INDOSPORT.COM - Turnamen sepak bola antar negara paling bergengsi di kawasan Asia Tenggara, Piala AFF 2020 tinggal menghitung hari akan segera berlangsung di Singapura tepatnya mulai 05 Desember 2021 hingga 01 Januari 2022 mendatang.

Sejatinya ajang dua tahunan ini digelar tahun lalu, namun karena pandemi Covid-19 yang masih belum mereda membuat AFF selaku otoritas sepak bola tertinggi di ASEAN harus menundanya.

Kini meski masih terjadi pandemi Covid-19, namun untuk kasusnya sudah mulai melandai sehingga AFF memutuskan untuk menggelar Piala AFF 2020 tahun ini.

Singapura ditunjuk menjadi tuan rumah tunggal yang akan memainkan semua pertandingan babak penyisihan grup hingga final. Di edis-edisi sebelumnya, Piala AFF selalu dilaksanakan di dua negara tuan rumah.

Untuk formatnya masih sama, yaitu fase grup Piala AFF 2020 tetap menggunakan format setengah kompetisi atau round-robin, yakni setiap negara peserta saling bertemu satu kali.

Adapun semifinal dan final juga tetap menggunakan format lama, yakni dua pertandingan. Total terdapat 10 negara peserta Piala AFF 2020, yang terbagi menjadi dua grup dengan masing-masing diisi oleh lima negara. 

Di Grup A ada tuan rumah Singapura, Filipina, Myanmar, Thailand dan Timor Leste. Sedangkan di Grup B, ada Kamboja, Timnas Indonesia, Laos, Malaysia, dan Vietnam.

Mereka akan berjuang memperebutkan trofi Piala AFF 2020. Selain membawa pulang gelar juara, pemenang juga akan mendapatkan uang tunai sebagai hadiah.

Lantas berapa uang tunai hadiah Piala AFF 2020?