Bola Internasional

Kenali Para Pemain Klub Eropa di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia Ada 3

Sabtu, 4 Desember 2021 22:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© PSSI
Latihan Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2020 di Singapura. Copyright: © PSSI
Latihan Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2020 di Singapura.

INDOSPORT.COM - Gelaran Piala AFF 2020 turut dimeriahkan para pemain yang merumput di Eropa, termasuk Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, klub-klub Benua Biru selalu jadi daya tarik tersendiri di kancah persepakbolaan dunia. Selain jaminan banyak penonton, kehadiran para pemain mereka di sebuah kompetisi pun jadi sebuah animo besar.

Demikian halnya dengan Piala AFF 2020 yang akan mulai bergulir Minggu tanggal 5 Desember 2021. Timor-Leste vs Thailand akan jadi laga pembuka kompetisi sepak bola antarnegara Asia Tenggara ini besok sore WIB.

Setelah itu, agenda masih terus berlangsung pada malam harinya, menghadirkan duel Singapura vs Myanmar. Untuk Timnas Indonesia sendiri, baru akan memulai langkah pada 9 Desember menghadapi Kamboja.

Dari 10 kontestan yang berpartisipasi di edisi kali ini, skuat Garuda berada di Grup B bersama Kamboja, Laos, Malaysia, dan Vietnam. Sementara itu, Grup A dihuni oleh Timor-Leste, Thailand, Myanmar, Filipina, dan Singapura.

Berbicara soal para unggulan, rasanya nama-nama seperti Vietnam, Thailand, dan Filipina pasti akan muncul di daftar kontestan favorit juara. Apalagi dua nama pertama berstatus kampin edisi lalu dan tim tersukses Piala AFF.

Namun jika berbicara soal kekuatan tim, tidak semua kontestan memiliki pemain yang merumput di klub-klub Eropa. Hanya sekitar enam tim nasional saja yang bisa dimasukkan ke kategori ini. Yuk intip profil singkatnya.

Laos

Billy Ketkeophomphone

Baru direkrut dari klub Ligue 2, Dunkerque. Ia lahir di pinggiran Paris usai orang tuanya mengungsi ke Prancis pada medio 1980-an, namun pada akhirnya ia diizinkan bermain di Timnas Laos karena punya darah keturunan.

Singapura

Ikhsan Fandi

Merupakan pemain kunci di skuat The Lions. Meski masih muda, ia punya pengalaman yang cukup lumayan di Eropa bersama klub Norwegia, FK Jerv.

Malaysia

Dion Cools

Pemain keturunan berdarah Malaysia-Belgia yang akan memperkuat Harimau Malaya di Piala AFF. Ia mencatatkan 28 penampilan untuk Timnas Belgia U-18, U-19, dan U-21 namun tidak kunjung dipanggil ke tim senior.

Kini memutuskan membela Timnas Malaysia, Dion Cools merumput di klub Eropa yakni FC Midtjylland di Denmark.

Luqman Hakim Shamsudin

Diketahui sebagai pemain Malaysia pertama yang bermain di liga top Eropa. Kini ia membela klub Belgia, K.V. Kortrijk.