Liga Italia

Liga Italia: Setia Pada Roma Sampai Mati, Totti Pendam Mimpi Perkuat Dua Klub Ini

Sabtu, 4 Desember 2021 16:53 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© FILIPPO MONTEFORTE/AFP/Getty Images
Liga Italia: Setia Pada Roma, Totti Pendam Mimpi Perkuat Dua Klub Ini Copyright: © FILIPPO MONTEFORTE/AFP/Getty Images
Liga Italia: Setia Pada Roma, Totti Pendam Mimpi Perkuat Dua Klub Ini

INDOSPORT.COM - Francesco Totti sepanjang kariernya hanya pernah berlaga di Liga Italia bersama AS Roma. Kesetiaanya pada Il Lupi memang sudah tidak terbantahkan lagi namun rupanya ia pernah memendam impian untuk menjajal atmosfer Liga Spanyol.

Real Madrid dan Barcelona dua klub yang diminati mantan penyerang kreatif asal Italia tersebut. Los Merengues sempat mati-matian mengejar Totti sementara Los Cules justru tidak tahu jika mereka punya kans untuk mendapatkan salah satu pemain terbaik dalam sejarah negeri pasta itu.

Pada akhirnya Totti tidak pergi kemana-mana sampai akhirnya pensiun dengan baju Roma di 2017 lalu. Dalam 25 tahun, sebanyak 307 gol dan 186 assist berhasil dikemas pria berjuluk Pangeran Kota Roma tersebut.

Jumlah gelarnya di Olimpico bisa dihitung dengan sebelah tangan termasuk satu Liga Italia di 2000/2001 silam namun Totti tidak menyesal. Baginya setia pada Roma adalah salah satu pencapaian terbesarnya.

"Aku pernah hampir menuju Real Madrid yang ingin melakukan segalanya untuk bisa membeliku. Mereka adalah kesebelasan luar negeri yang aku dukung saat masih kanak-kanak," ungkap Totti.

"Barcelona adalah tim yang permainannya enak untuk dilihat dan aku sempat mempertimbangkan untuk ke sana. Kendati demikian tidak pernah ada pembicaraan dengan mereka. Mungkin di lain kehidupan itu bisa terwujud,"

"Bagiku bertahan bersama Roma adalah pilihan terbaik. Memang tidak ada banyak gelar yang datang seperti di Madrid namun memperkuat Roma adalah gelar bagiku," tambah pria yang kini berusia 45 tahun tersebut.