Liga Indonesia

Asnawi Jadi Panutan, Pemain Indonesia Diminta Berani Berkarier di Luar Negeri

Minggu, 5 Desember 2021 17:45 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Agung Setyabudi, pemain legendaris mantan kapten timnas Indonesia. Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Agung Setyabudi, pemain legendaris mantan kapten timnas Indonesia. Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Eks kapten timnas Indonesia, Agung Setyabudi, ingin pemain Indonesia memprioritaskan untuk berkarier di luar negeri. Ada efek positif yang terlihat ketika memantau progres Asnawi Mangkualam Bahar.

Asnawi termasuk pemain yang disukainya di skuat timnas Indonesia. Pilar Ansan Greeners tersebut disiplin dalam menjaga pertahanan, serta rajin dalam melancarkan serangan.

Asnawi pun lebih tenang ketika mengusai bola maupun mengawal penyerang lawan. Agung yakin bahwa hal itu merupakan imbas positif dari bermain di kompetisi Korea Selatan.

"Dia main di Korea Selatan, sering bertemu lawan yang selevel atau lebih di atas. Dia sudah adaptasi dengan situasi itu. Ketika sekarang bermain di timnas, Asnawi bisa lebih enjoy dan rileks," ungkap Agung Setyabudi, Minggu (5/12/21).

Agung yang membela timnas Indonesia dari 1993-2004 berharap banyak pemain lokal mengikuti jejak Asnawi. Dia tidak ketinggalan memantau perkembangan Elkan Baggott yang berkarier di Inggris bersama Ipswich Town.

"Saya sangat mendukung ketika ada pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri. Semakin banyak yang ke luar negeri, pasti timnas semakin kuat," tutur Agung.

Agung pun kemudian mencontohkan apa yang terjadi dengan Spanyol dan Inggris. Meski sudah memiliki liga yang bagus, ada banyak pemainnya yang main di luar negeri.