Bola Internasional

Piala AFF: Le Cong Vinh, Mesin Gol Timnas Vietnam yang Dihujat Netizen Indonesia

Senin, 6 Desember 2021 06:51 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© wap.vtvgo.vn
Piala AFF: Le Cong Vinh, Mesin Gol Timnas Vietnam yang Dihujat Netizen Indonesia Copyright: © wap.vtvgo.vn
Piala AFF: Le Cong Vinh, Mesin Gol Timnas Vietnam yang Dihujat Netizen Indonesia

INDOSPORT.COM – Mengenal kembali sosok Le Cong Vinh, salah satu mesin gol Timnas Vietnam pada gelaran Piala AFF dan sempat jadi bahan hujatan netizen Indonesia.

Pada Minggu (05/12/21) sore WIB kemarin, turnamen terbesar antar negara-negara ASEAN, Piala AFF 2020, baru saja bergulir dan memainkan laga perdana penyisihan grup.

Di pertandingan pembuka Piala AFF 2020, dua tim raksasa yakni Thailand dan Singapura sama-sama berhasil meraih kemenangan telak.

Thailand sukses mencukur Timor Leste dengan skor dua gol tanpa balas, sementara Singapura tak kalah mentereng dengan menghancurkan Myanmar 3-0.

Timnas Indonesia sendiri baru akan memulai perjuangan mereka di Piala AFF pada hari Kamis (09/12/21) mendatang, dengan menghadapi tim kuda hitam Kamboja.

Untuk menyemarakkan gelaran Piala AFF 2020, INDOSPORT akan mengulas beberapa fakta serta catatan menarik yang pernah terjadi sepanjang turnamen dua tahunan ini.

Di edisi sebelumnya, ada ulasan tentang sosok R. Sasikumar sang pencetak gol tangan Tuhan dan jadi pahlawan Timnas Singapura dalam meraih gelar Piala AFF perdana tahun 1998 silam.

Kali ini, INDOSPORT akan membahas salah satu figur pesepakbola Vietnam yang dalam beberapa kali pertemuan kontra Timnas Indonesia kerap jadi momok menakutkan.

Adalah Le Cong Vinh, mantan ujung tombak Timnas Vietnam pada era 2004 hingga 2016 tersebut memang memiliki sederet prestasi mentereng terutama untuk level ASEAN.

Tercatat sejak pertama kali debut di timnas senior, pemain yang sempat memperkuat Hokkaido Consadole Sapporo di Liga Jepang tersebut mampu menyumbangkan beberapa gelar bergengsi.

Salah satu yang paling gemilang tentu gelaran Piala AFF 2008, di mana pada saat itu Le Cong Vinh sukses jadi pahlawan dan hantarkan Timnas Vietnam merengkuh gelar untuk kali pertama dalam sejarah.

Meski hanya cetak dua gol, namun lesakkan Le Cong Vinh tersebut terjadi di dua leg partai final yang membuat Vietnam berhasil mengalahkan Thailand dalam perebutan gelar juara.

Di akhir kompetisi, Le Cong Vinh pun berhasil masuk dalam daftar Team of the tournament (Best XI) ASEAN Football Championship tahun 2008 yang kemudian mampu ia ulangi pada gelaran 2010 dan 2016.

Total saat berseragam Timnas Vietnam, Le Cong Vinh yang kini telah gantung sepatu tersebut mampu catatkan 83 caps dan menorehkan 51 gol.

Selain prestasi mentereng, ada satu hal lain dari Le Cong Vinh yang membuat namanya cukup dikenang netizen Indonesia.

Yakni indikasi ucapan kasar yang ia tunjukkan untuk Timnas Indonesia pasca tersingkir di Piala AFF 2016.