Bola Internasional

Prediksi Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Kamboja: Awas Kutukan Laga Perdana

Rabu, 8 Desember 2021 12:56 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI
Timnas Indonesia berambisi untuk mencuri tiga poin sekaligus mengakhiri kutukan laga perdana Piala AFF 2020 di mana mereka selalu sulit meraih kemenangan. Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia berambisi untuk mencuri tiga poin sekaligus mengakhiri kutukan laga perdana Piala AFF 2020 di mana mereka selalu sulit meraih kemenangan.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia berambisi meraih tiga poin sekaligus mengakhiri kutukan laga perdana di Piala AFF yang sulit mereka menangkan, saat bertemu dengan Kamboja.

Timnas Indonesia akan memulai perjuangannya di Piala AFF 2020 menghadapi Kamboja dalam babak penyisihan grup B di Stadion Bishan, Singapura, pada Kamis (09/12/21) mendatang. 

Di atas kertas Timnas Indonesia tentu diunggulkan untuk meraih kemenangan atas Kamboja, jika melihat dari kualitas materi pemain dan catatan pertemuan kedua tim.

Hal itu dibuktikan dalam enam pertemuan terakhir, Timnas Indonesia selalu unggul dengan margin gol sangat mencolok, yakni 2-0, 1-0, 4-0, 7-0, 2-0, dan 6-0. 

Namun sayangnya catatan apik melawan Kamboja bisa saja tercoreng karena Timnas Indonesia dibayangani oleh kutukan laga perdana di ajang dua tahunan ini.

Dari tiga edisi terakhir, Timnas Indonesia selalu gagal meraih hasil maksimal di laga perdana. Di Piala AFF 2018, Timnas Indonesia kalah oleh Singapura 1-0.

Di Piala AFF 2016 dibantai Thailand dengan skor 4-2, dan hanya mampu meraih hasil imbang 2-2 ketika berhadapan dengan Vietnam di Piala AFF 2014.

Tak ingin kutukan tersebut terus terulang, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong optimis bisa memenangkan laga perdana. Ia juga menyebut anak asuhnya dalam kondisi fit dan siap tempur.

"Saat ini pemain terus bekerja keras dan berjuang maksimal jelang pertandingan perdana melawan Kamboja," ujarnya.

"Perkembangan mereka sangat baik, tentu ini menjadi modal bagus demi raihan hasil terbaik di Piala AFF 2020," ungkap juru latih tim nasional Korea Selatan di Piala Dunia 2018 ini, dikutip dari laman resmi PSSI. 

Di sisi lain, Timnas Kamboja tidak akan mengalami demam panggung karena ini adalah laga kedua mereka. Di laga perdana, Kamboja dikalahkan oleh Malaysia 1-3.

Evaluasi tentu dilakukan oleh Ryu Hirose agar tak kembali mengalami kekalahan saat melawan Timnas Indonesia. 

"Itu adalah kekalahan yang mengecewakan tetapi kami bermain bagus dan bisa menjaga bola dengan baik saat melawan tim yang kuat seperti Malaysia," ujar Hirose, dikutip laman resmi AFF.

"Kami tidak akan menyerah dan kami melihat ada banyak poin (yang bisa didapatkan) selama kami dapat mempertahankan penguasaan bola dan ini merupakan sesuatu yang belum dapat kami lakukan sebelumnya," sambungnya.