Liga Indonesia

Taisei Marukawa: Berlatih Sambil Kuliah, Seleksi di Eropa, Kini ke Persebaya

Kamis, 9 Desember 2021 10:21 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© officialpersebaya
Taisei Marukawa berhasil membobol gawang Persita menit ke-3 Copyright: © officialpersebaya
Taisei Marukawa berhasil membobol gawang Persita menit ke-3

INDOSPORT.COM - Ada kisah motivasi yang diberikan oleh Taisei Marukawa, penggawa asing asal Jepang yang musim ini membela Persebaya Surabaya di BRI Liga 1 2021-22.

Sebagaimana pemain bola lainnya, Taisei Marukawa gemar bermain sepak bola sejak kecil. Namun, mengingat kebijakan Jepang, ia tetap mementingkan pendidikannya.

Taisei Marukawa memutuskan untuk tetap menyelesaikan kuliah sambil berlatih sepak bola. Kemudian, saat ia sudah jadi sarjana, Taisei pun mencoba peruntungan di Eropa.

Bahkan, perjalanan itu tidak mudah. Taisei Marukawa harus mengikuti seleksi terlebih dahulu, sebelum akhirnya ia dikontrak oleh tim Senglea Athletic FC, klub asal Malta.

"Klub profesional pertama saya di Malta, di Eropa. Ya, saya main di luar negeri, setelah saya menyelesaikan kuliah saya, saya pergi ke Malta," jelas Taisei via Tiento Indonesia.

"Saya juga ikut seleksi di sana, lalu sampai akhirnya saya dikontrak oleh mereka. Dua tahun saya bermain di Eropa, lalu saya pun datang ke sini (Persebaya)," imbuhnya.

Ya, Taisei Marukawa pun menandatangani kontrak bersama Persebaya Surabaya pada Mei 2021 lalu, setelah bertanya-tanya pada mantan pemain Jepang di Liga Indonesia.

"Agen saya menelpon saya (ada tawaran di Indonesia). Satu teman saya dari Jepang (Shunsuke Nakamura) juga main di sini, di Persela Lamongan. Saya tanya-tanya dia."

"Katanya sepak bola Indonesia sangat bagus, suporternya sangat banyak, jadi saya memutuskan untuk datang ke sini," tuntas Taisei yang baru berusia 24 tahun.

IDS Emoticon Suka
Suka
33%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
67%