Bola Internasional

3 Pemain yang Layak Jadi Starter saat Timnas Indonesia Hadapi Laos di Piala AFF

Jumat, 10 Desember 2021 15:31 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© pssi
Meski menang, Timnas Indonesia tak terlalu meyakinkan saat jumpa Kamboja di Piala AFF dan berikut 3 pemain yang layak dijadikan starter di laga kedua vs Laos. Copyright: © pssi
Meski menang, Timnas Indonesia tak terlalu meyakinkan saat jumpa Kamboja di Piala AFF dan berikut 3 pemain yang layak dijadikan starter di laga kedua vs Laos.

INDOSPORT.COM – Meski menang, Timnas Indonesia tak terlalu meyakinkan saat jumpa Kamboja di Piala AFF. Berikut tiga pemain yang layak dijadikan starter di laga kedua melawan Laos.

Timnas Indonesia akhirnya mengawali perjalanan di Piala AFF 2020. Menjalani laga pertama di kompetisi itu dengan menghadapi Kamboja, Kamis (09/12/21) malam WIB, skuat Garuda berhasil meraih kemenangan 4-2.

Pasukan Shin Tae-yong membuka skor lebih dulu pada menit keempat lewat sundulan Rachmat Irianto. Evan Dimas menggandakan skor pada menit ke-17 sebelum Irianto mencetak gol keduanya pada menit ke-33.

Kamboja memperkecil kedudukan empat menit kemudian lewat Yue Safy sehingga babak pertama berakhir dengan 3-1 untuk keunggulan Indonesia.

Sepuluh menit babak kedua berjalan, Ramai Rumakiek yang masuk sebagai pemain pengganti mencetak gol keempat timnas, sebelum Prak Mony Udom mencetak gol kedua Kamboja hanya 6 menit kemudian.

Memasuki pertengahan babak kedua, penampilan Indonesia mulai menurun akibat merosotnya stamina pemain.

Sejumlah pemain mulai tak sanggup melakukan pressing gencar seperti di babak pertama, dan akurasi passing pun menurun. Akibatnya, Kamboja pun sukses mengembangkan permainan mereka.

Beruntung, Evan Dimas dkk berhasil mempertahankan skor sehingga laga pun berakhir 4-2 untuk kemenangan Timnas Indonesia.

Hasil ini membawa Indonesia berada di peringkat kedua Grup B Piala AFF 2020 dengan tiga poin, tertinggal tiga angka dari Malaysia yang sudah bermain dua kali.

Sejumlah catatan muncul dari laga semalam, khususnya terkait performa sejumlah pemain yang dinilai tak maksimal.

Di sisi lain, ada sejumlah bintang yang dinilai layak diberi kesempatan menjadi starter di laga kedua melawan Laos, Minggu (12/12/21), menggantikan mereka yang tampil tak maksimal melawan Kamboja.

Hal ini penting dilakukan karena Laos adalah lawan terakhir yang memiliki kelas di bawah Indonesia. Tim Garuda perlu menemukan susunan pemain yang tepat secepat mungkin, sebelum bertemu Vietnam dan Malaysia, demi menjaga peluang lolos ke semifinal.

Lantas, siapa saja pemain Timnas Indonesia yang layak dijadikan starter oleh Shin Tae-yong saat melawan Laos di Piala AFF? Berikut ulasannya: