Bola Internasional

Timnas Indonesia Atasi Kamboja di Piala AFF 2020, Shin Tae-yong Kritik Keras Pemainnya

Jumat, 10 Desember 2021 08:21 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© PSSI.
Selebrasi Evan Dimas dan Irfan Jaya di laga Timnas Indonesia vs Kamboja pada ajang Piala AFF 2020, Kamis (09/12/21). Copyright: © PSSI.
Selebrasi Evan Dimas dan Irfan Jaya di laga Timnas Indonesia vs Kamboja pada ajang Piala AFF 2020, Kamis (09/12/21).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia menang 4-2 atas Kamboja di laga perdana Grup B Piala AFF 2020, Kamis (09/12/21) di Bishan Stadium, Singapura. Tapi, hasil tersebut belum memuaskan pelatih skuat Garuda, Shin Tae-yong. 

Empat gol Timnas Indonesia diciptakan oleh Rachmat Irianto ('5 dan '32), Evan Dimas ('18) dan Ramai Rumakiek ('54). Sementara gol Kamboja dilesakan Yue Safy ('37) dan Prak Mony ('60). 

Menurut Shin Tae-yong, laga pertama memang selalu sulit. Beruntung skuad Garuda bisa cetak gol cepat di babak pertama. 

"Laga pertama sangat sulit, tapi untungnya ada gol di awal babak pertama jadi dapat hasil bagus. Tapi setelahnya, kami seolah anggap laga terlalu mudah sehingga jadi membuat kami kesulitan sendiri," kata Shin Tae-yong. 

"Tapi selamat buat pemain untuk kemenangan pertama, semoga ke depan lebih baik," imbuhnya.

Secara keseluruhan, Shin Tae-yong menyatakan tidak puas. Dia menilai pemain Indonesia seolah meremehkan Kamboja dan tidak bisa menjalankan instruksi dengan baik, bahkan kurang dari 50 persen. 

"Kami cetak empat gol, tapi apa yang saya mau tak berjalan baik, bahkan kurang dari 50 persen. Jadi saya akan bicara dengan pemain agar mereka paham apa yang saya mau dan itu buat lawan Vietnam dan Malaysia. Kami akan bicarakan juga taktik buat lawan kedua tim itu," tutur juru taktik asal Korea Selatan itu.