Bola Internasional

Profil Fandi Bersaudara, Harta Karun Timnas Singapura di Piala AFF 2020

Minggu, 12 Desember 2021 20:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© straitstimes
Ilhan, Irfan, dan Ikhsan Fandi di Timnas Singapura untuk Piala AFF 2020. Copyright: © straitstimes
Ilhan, Irfan, dan Ikhsan Fandi di Timnas Singapura untuk Piala AFF 2020.

INDOSPORT.COM - Timnas Singapura tentu patur berbangga memiliki trio pemain muda Fandi Brothers yang turut memperkuat tim di Piala AFF 2020.

Sebagai informasi, The Lions sejauh ini meraih hasil positif di dua laga perdana grup mereka dengan mengalahkan Myanmar dan Filipina.

Saat matchday pertama, skuat asuhan Tatsuma Yoshida berhasil menumpas perlawanan Myanmar dengan skor 3-0. Adalah Safawudin Baharudin dan brace Ikhsan Fandi yang menjadi pencetak skor hari itu.

Kemudian pada matchday kedua kontra Filipina, tiba giliran Hariss Harun dan Faris Ramli yang mencatatkan namanya di papan skor dan membawa tim menuju kemenangan.

Berkat hasil ini, Timnas Singapura bersaing ketat di papan atas klasemen sementara Grup A Piala AFF 2020 dengan unggulan serta favorit juara, Thailand. Kedua tim sama-sama mengoleksi 6 poin dari 2 laga.

Selanjutnya, anak-anak asuh Tatsuma Yoshida dijadwalkan berjumpa Timor-Leste di pertandingan selanjutnya yang bakal digelar pada 14 Desember.

Jika berbicara tentang Timnas Singapura, mungkin tidak banyak yang berpikir tim ini adalah unggulan utama di Piala AFF 2020. Meski begitu, reputasi mereka di kompetisi sepak bola level Asia Tenggara ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Bagaimanapun juga, The Lions adalah tim terkuat kedua setelah Thailand sepanjang sejarah Piala AFF. Pasalnya, mereka telah mengantongi empat gelar juara, meski terakhir kali meraihnya sudah lama yakni 2012.

Selain itu, mereka juga masih mencatatkan sejumlah nama legendanya, termasuk Noh Alam Shah, di daftar 10 besar top skor sepanjang masa kompetisi.

Untuk masa kini pun, Timnas Singapura memiliki aset berharga lainnya yakni kehadiran tiga bersaudara yakni Ikhsan Fandi, Ilhan Fandi, dan Irfan Fandi.

Nama belakangnya cukup familier, bukan? Ya, mereka adalah putra legenda sepak bola Fandi Ahmad yang juga pernah menangani Timnas Singapura dalam CV-nya sebagai pelatih.