Bola Internasional

Jejak Filipina di Piala AFF, Dari Terbantai Menjadi Pembantai

Minggu, 12 Desember 2021 15:29 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Dalam beberapa edisi terakhir Piala AFF, kiprah Timnas Filipina selalu diperhitungkan. Padahal mereka sebelumnya sepak bola mereka sangat lemah dan sering terbantai di ajang ini.

Filipina merupakan salah satu tim yang dalam beberapa edisi Piala AFF selalu diperhitungkan kiprahnya, mengingat mereka selalu tampil menyulitkan lawan.

Begitu juga untuk edisi kali ini. The Azklas -julukannya- sangat siap untuk bersaing meraih gelar juara Piala AFF 2020, yang digelar di Singapura mulai 05 Desember 2021 hingga 01 Januari 2022. 

Filipina sendiri tergabung di Grup A bersama tuan rumah Singapura, Myanmar, Thailand dan Timor Leste. Sebuah grup yang bisa dibilang sangat ketat.

Pasalnya mereka harus berhadapan dengan dua tim kuat Singapura dan Thailand. Kendati demikian, bukan berarti Filipina bisa dipandang sebelah mata kekuatannya. 

Apalagi Filipina juga kerap masuk tim yang diperhitungkan untuk bersaing merebut gelar juara dalam beberapa edisi Piala AFF, meski akhirnya gagal melangkah hingga ke final sampai saat ini.

Untuk Piala AFF 2020, Filipina nampaknya sangat siap. Namun di laga perdana mereka harus mengalami nasib sial, karena meraih hasil mengecewakan.

Berhadapan dengan Singapura di Stadion Nasional, Rabu (08/12/21) lalu, Filipina kalah dengan skor tipis 2-1. Singapura unggul dua gol lebih dahulu lewat gol Hariss Harus menit ke-61 dan Faris Ramli menitk ke-63.

Anak asuh Scott Cooper baru bisa memperkecil skor menjadi 2-1, lewat gol balasan Amin Nazari menit ke-69. 

Kekalahan itu membuat semangat para pemain Filipina menurun. Namun kembali bangkit, setelah mampu meraih kemenangan di laga kedua melawan Timor Leste, di Stadion Nasional, Sabtu (11/12/21) kemarin.

Filipina menang dengan skor telak 7-0. Pesta gol The Azkals dicetak oleh Martin Steuble, Amin Nazari, Angel Guirado, Patrick Reichelt, Jesper Nyholm, Bienvenido Maranon, dan Kevin Ingreso.

Kemenangan tujuh gol Filipina itu sendiri menjadi kemenangan terbesar sekaligus jumlah gol terbanyak yang tercipta dalam satu pertandingan yang dicatatkan dalam Piala AFF 2020.

Sebelum Filipina membantai Timor Leste, kemenangan tebesar di Piala AFF 2020 merupakan milik Malaysia.

Harimau Malaya diketahui berhasil meraih kemenangan telak empat gol tak berbalas kala berhadapan dengan Laos di matchday kedua, Kamis (09/12/21) lalu.

Padahal di laga uji coba jelang turnamen ini dimulai, Timor Leste sempat mengalahkan Filipina dengan skor tipis 1-0 pada 31 Oktober 2021 lalu.