Bola Internasional

Jadwal Piala AFF 2020 Hari Ini: Indonesia vs Vietnam, Keisuke Honda Incar Poin Perdana

Rabu, 15 Desember 2021 09:00 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor:
© INDOSPORT
Berikut jadwal Piala AFF 2020 hari ini Rabu (15/12/21), dimana akan ada 2 partai pamungkas dari grup B. Copyright: © INDOSPORT
Berikut jadwal Piala AFF 2020 hari ini Rabu (15/12/21), dimana akan ada 2 partai pamungkas dari grup B.

INDOSPORT.COM - Berikut jadwal Piala AFF 2020 hari ini Rabu (15/12/21), dimana akan ada 2 partai pamungkas dari grup B.

Kedua partai tersebut adalah Indonesia vs Vietnam dan Kamboja vs Laos. Dari kedua bentrokan tersebut, barangkali sorot mata bakal lebih tertuju pada laga Indonesia vs Vietnam.

Bagaimana tidak, bentrokan tersebut memang sarat gengsi. Sejarah mencatat jika pertemuan kedua kesebalasan selalu berlangsung panas.

Di samping itu, laga Indonesia vs Vietnam juga akan menentukan nasib kedua tim di papan klasemen. Siapapun yang menang, maka tiket menuju fase gugur bakal langsung ada di genggaman.

Saat ini, Timnas Indonesia dan Timnas Vietnam punya tabungan poin sama yakni 6 hasil dari 2 kali kemenangan beruntun. Jika Tim Garuda yang menang, maka otomatis pasukan Shin Tae-yong bakal lolos ke babak semifinal.

Timnas Indonesia tak perlu menunggu hingga partai terakhir kontra Malaysia untuk memastikan siapa yang akan jadi wakil grup B di fase gugur.

Sebaliknya jika Timnas Vietnam yang menang, anak asuh Park Hang-seo bakal lolos lebih awal dan membuat Indonesia harus berdarah-darah hingga partai terakhir.

Jika melihat kacamata awam, Vietnam lebih diunggulkan. Di samping status juara bertahan yang melekat pada Vietnam, pasukan Park Hang-seo juga berstatus sebagai tim terkuat Asia Tenggara saat ini.

Mereka menempati posisi 99 peringkat FIFA, yang tertinggi di antara negara ASEAN. Sementara itu, Indonesia berada di posisi 165 atau ketujuh di ASEAN.

Kendati demikian, Indonesia punya modal bagus. Pasalnya, meski selalu kalah dalam 2 pertemuan terakhir di semua kompetisi, Indonesia punya rekor bagus saat bertemu Vietnam di Piala AFF.

Dalam 8 pertemuan yang terjadi di ajang tersebut, skuat Garuda hanya sekali menelan kekalahan. Sisanya, Indonesia meraih 3 kemenangan dan 4 imbang. Modal tersebut bakal jadi amunisi ampuh untuk menjegal laju Vietnam.

Selain laga Indonesia vs Vietnam, partai Piala AFF 2020 hari ini juga akan menyajikan duel tim papan bawah Kamboja vs Laos. Meski kedua kesebelasan hampir pasti tidak lolos ke fase berikutnya, namun partai tersebut bakal berjalan panas mengingat Kamboja maupun Laos sama-sama mengincar 3 poin perdana di Piala AFF 2020.