Bola Internasional

3 Alasan Timnas Indonesia Bisa Kalahkan Malaysia di Laga Terakhir Grup B Piala AFF 2020

Kamis, 16 Desember 2021 21:35 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI
Selebrasi para pemain Timnas Indonesia usai cetak gol ke gawang Laos di Piala AFF 2020. Copyright: © PSSI
Selebrasi para pemain Timnas Indonesia usai cetak gol ke gawang Laos di Piala AFF 2020.

INDOSPORT.COM - Nasib Timnas Indonesia untuk lolos ke semifinal masih bergantung dengan hasil melawan Malaysia di laga terakhir Grup B Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Vietnam di laga ketiga Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (16/12/21) malam WIB.

Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 0-0. Hasil ini sekaligus menjadi target yang sukses diwujudkan oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dimana ia menginginkan timnya untuk tidak kebobolan.

Sepanjang pertandingan, Timnas Indonesia bermain sangat bertahan ketimbang Vietnam yang menerapkan permainan menyerang.

Hal itu bisa terlihat dari statistik penguasaan bola Vietnam sebesar 70 persen, dan melepaskan 21 tembakan ke arah gawang. Sedangkan Timnas Indonesia hanya satu kali melepaskan tendangan ke arah gawang Vietnam.

Meski hanya meraih satu poin, Timnas Indonesia tetap bertahan di puncak klasemen Grup B Piala AFF 2020 berkat raihan tujuh poin dari tiga laga.

Namun, timnas Indonesia masih harus berjuang lagi sampai pertandingan terakhir melawan Malaysia untuk meraih tiket semifinal.

Sebab, timnas Indonesia saat ini hanya unggul satu poin atas rival abadi mereka, Malaysia, yang menempati peringkat ketiga. 

Skuad Garuda juga hanya unggul selisih gol atas Vietnam yang menguntit di urutan kedua klasemen Grup B. Dengan kondisi klasemen saat ini, persaingan perebutan dua tiket semifinal Piala AFF 2020 di Grup B masih terbuka.

Oleh karena itu Timnas Indonesia diwajibkan untuk bisa meraih poin saat melawan Malaysia, baik imbang maupun menang untuk memastikan diri tampil di empat besar Piala AFF 2020. Target tersebut bisa saja terwujud karena beberapa alasan berikut ini.