Bola Internasional

Eks Kapten Barito Putera Kini Main di Liga Timor Leste: Beda Banget!

Kamis, 16 Desember 2021 13:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Doc Pribadi
Wahyu Kasto Surya Pratama, kiper Indonesia main di Assalam FC Timor Leste Copyright: © Doc Pribadi
Wahyu Kasto Surya Pratama, kiper Indonesia main di Assalam FC Timor Leste

INDOSPORT.COM - Kiper Indonesia yang kini membela klub Assalam FC di Liga Timor Leste, Wahyu Surya Pratama, mengungkap beda kualitas sepak bola kedua negara.

Wahyu Surya Pratama atau yang akrab disapa Kasto adalah pesepak bola muda asal Malang yang pernah menjadi kapten Barito Putera di EPA Liga 1 U-19 2018.

Lepas dari Barito Putera, Wahyu Kasto pun mendapat tawaran untuk bermain di Liga 2 hingga Liga 3. Namun, ia mengaku lebih tertantang untuk berkarier di luar negeri.

Tak banyak kiper Indonesia yang mentas di luar negeri. Maka, Wahyu Kasto mencoba peruntungan bermain di Liga Timor Leste terlebih dahulu. Ia membela Assalam FC.

Menurut Wahyu Kasto, ada kesenjangan kualitas antara sepak bola Indonesia dan Timor Leste. Namun, para pemain sepak bolanya mulai mencapai level yang baik. 

"Kalau liganya sangat berbeda, karena di Timor Leste ini liganya baru lima tahun berjalan, kalau Indonesia kan sudah lama," ucap Wahyu Kasto ke media INDOSPORT.

"Jadi, secara profesional, kompetisi Liga 1 di sini sangat beda dengan Liga 1 di Indonesia, meskipun titelnya sama-sama Liga 1," jelas kiper muda kelahiran 18 April 1998 tersebut.

"Dari segi permainan pun berbeda, mungkin kualitas pemainnya merata. Cara mainnya juga berbeda dari Indonesia, meskipun ini sama-sama profesional," jelas Wahyu Kasto.