Liga Indonesia

Flashback Gol Fenomenal Boaz Solossa, Hajar Persija hingga Warriors FC

Sabtu, 18 Desember 2021 11:41 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi Boaz Solossa usai mencetak gol untuk Persipura Jayapura. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi Boaz Solossa usai mencetak gol untuk Persipura Jayapura.

INDOSPORT.COM - Belasan tahun berkarir sebagai striker sepak bola profesional, Boaz Solossa mencatat banyak momen-momen emas saat mencetak gol ke gawang lawan.

Salah satu yang paling berkesan bagi Boaz Solossa adalah saat ia membawa Persipura Jayapura menaklukkan Persija Jakarta di final Liga Djarum Indonesia 2005 di GBK.

Persipura Jayapura berhasil mengalahkan Persija Jakarta dengan skor tipis 3-2. Kala itu, Boaz Solossa berhasil mencetak gol penyeimbang, sehingga skor menjadi 1-1. 

Gol ciamik itu berawal dari umpan Christian Lenglolo ke Christian Warobay. Ia berniat menendang langsung ke arah gawang, namun bola justru masih terlalu melebar.

Boaz Solossa yang berdiri di tengah kotak penalti, berinisiatif dan berhasil menyambar bola, lalu menaklukkan kiper Hendro Kartiko. Skor imbang membuat Persipura bangkit.

Gol tambahan dari Korinus Fingkreuw dan Ian Kabes memastika Persipura juara Liga Indonesia 2005, menuntaskan dahaga setelah puasa gelar selama 25 tahun.

"Ada beberapa gol yang berkesan. Ada di AFC, ada di liga, tapi yang paling berkesan mungkin waktu final Liga Indonesia 2005 (vs Persija)," ucap Boaz Solossa via Tiento.

"Karena itu membuat seluruh masyarakat Papua tersenyum bahagia, ini yang mereka tunggu-tunggu, akhirnya terjawab juga, itu momen yang tak bisa terlupakan," kenangnya.