Bola Internasional

Piala AFF: Buta Taktik STY, Pelatih Malaysia Ciut Serangan Balik Indonesia

Sabtu, 18 Desember 2021 20:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© football-tribe.com
Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe. Copyright: © football-tribe.com
Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe.

INDOSPORT.COM - Pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe, mengaku buta soal kekuatan Indonesia menjelang laga terakhir Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12/21). Dia tak bisa menebak taktik apa yang akan dipakai skuat Garuda asuhan Shin Tae-yong. 

Ketika lawan Vietnam, Indonesia bermain bertahan dengan sangat dalam. Sementara di dua laga awal lawan Kamboja dan Laos, skuat Garuda tampil menyerang dan mencetak sembilan gol. 

Karenanya, Tan menilai Malaysia harus bisa mengatasi perubahan gaya bermain timnas Indonesia di lapangan. Mereka wajib memang agar bisa lolos ke semifinal Piala AFF 2020.  

"Laga sebelumnya saat melawan Kamboja dan Laos mereka menyerang tapi saat lawan Vietnam sangat lain. Mereka main dalam dan bertahan," kata Tan Cheng Hoe.

"Kami pun harus fleksibel dan beradaptasi. Kami tak tahu persis seperti apa dan bagaimana timnas Indonesia akan bermain, defensif atau ofensif. Entahlah," imbuhnya.

Tan juga tahu timnas Indonesia sangat baik dalam transisi dari bertahan ke menyerang, tepat saat melakukan serangan balik. Shin Tae-yong punya pemain berkaki cepat dengan kualitas individu mumpuni yang tentu saja menjadi pekerjaan rumah bagi Malaysia.

“Transisi timnas Indonesia sangat cepat. Jadi kami mesti selalu fokus, bagaimana mengantisipasi serangan mereka ketika kami kehilangan bola,” ujar Tan Cheng Hoe.

"Tentu kami menganalisa permainan Indonesia. Kami selalu mau attacking football dan setiap gol itu penting," tandas pelatih berusia 53 tahun tersebut.