Liga Indonesia

Drama Adu Penalti, PSDS Deli Serdang Juara Liga 3 Sumut di Tengah Keterbatasan

Senin, 20 Desember 2021 09:15 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Indra Citra Sena
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
PSDS Deli Serdang menjuarai Liga 3 zona Sumut 2021 Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
PSDS Deli Serdang menjuarai Liga 3 zona Sumut 2021

INDOSPORT.COM - PSDS Deli Serdang memastikan sebagai juara Liga 3 2021 zona Sumatra Utara usai membungkam YOB Belawan FC dalam laga final yang berlangsung di Stadion Teladan, Medan, Minggu (19/12/21) kemarin sore.

Tim berjuluk Traktor Kuning naik podium berkat kemenangan dramatis via adu penalti 5-3 usai bermain imbang 1-1 di waktu normal plus 2x15 menit babak ekstra. 

Eksekusi penalti Dinan Syahbani memastikan gelar juara PSDS. Hasil ini mengulang keberhasilan tim asal Kabupaten Deli Serdang tiga tahun lalu.

Di final, PSDS Deli Serdang kehilangan pemain kuncinya, kapten Dikky Yudistia harus absen karena akumulasi kartu, sementara Bima Lesmana sakit, tapi tetap mampu tampil agresif.

Namun, PSDS mendapat perlawanan sengit dari YOB. Menit ke-35 gawang PSDS bahkan lebih dulu bobol lewat aksi Maulana Khalidi. Ia berhasil memanfaatkan kelengahan bek PSDS. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua PSDS mencoba mengejar ketinggalan mengandalkan Irsan dan Putra Wulan Dara di depan. Hasilnya, mereka berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 pada menit ke-47. 

Pertarungan semakin sengit dan dalam tensi tinggi. Laga sempat terhenti karena protes pelatih YOB FC. Skor 1-1 membuat laga harus dilanjutkan ke babak ekstra, tapi tak juga menemukan pemenang hingga dilanjutkan dengan drama adu penalti. 

Sebanyak empat eksekutor PSDS Deli Serdang sukses menjalankan tugasnya, sementara eksekusi Kapten YOB Belawan, M Iqbal, ditepis kiper M Irfan. Eksekutor kelima PSDS, Dinan Syahbani, akhirnya memastikan kemenangan.

Pelatih PSDS, Syahrial Effendi, mengaku puas dengan kemenangan di final Liga 3 2021 zona Sumut. Apalagi, skuatnya  kehilangan beberapa pemain inti di laga pamungkas tersebut.

"Uji coba dengan mereka kami kalah. Saya menginstruksikan nikmati saja permainan. Pemain ada yang akumulasi hingga sakit. Syukurnya di tim ini tidak ada perbedaan. Yang muda pun kami kasih kesempatan dan berhasil," kata Syahrial Effendi.