Bola Internasional

Piala AFF: Dibanding Vietnam, Media Singapura Lebih Takut dengan Timnas Indonesia

Rabu, 22 Desember 2021 15:08 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Pertandingan semifinal Piala AFF 2020 akan dibuka dengan duel seru antara tuan rumah Singapura melawan timnas Indonesia pada Rabu (22/12/21) malam WIB. Copyright: © PSSI
Pertandingan semifinal Piala AFF 2020 akan dibuka dengan duel seru antara tuan rumah Singapura melawan timnas Indonesia pada Rabu (22/12/21) malam WIB.

INDOSPORT.COM - Pertandingan semifinal Piala AFF 2020 akan dibuka dengan duel seru antara tuan rumah Singapura melawan timnas Indonesia pada Rabu (22/12/21) malam WIB.

Jurnalis dari Singapura yang bekerja di ESPN bernama Gabriel Tan menganggap kalau duel melawan timnas Indonesia justru akan membuat mental para pemain tertekan.

Bila bersua Vietnam di semifinal, para pemain Singapura akan lebih percaya diri karena lawannya merupakan tim terkuat di wilayah Asia Tenggara.

"Vietnam memang lebih kuat dari Indonesia, saya kira hampir semua orang akan setuju dengan pendapat ini. Namun, jika bermain melawan Vietnam, pemain Singapura hanya mengalami sedikit tekanan," ujar Gabriel kepada Soha.vn.

"Dibanding Vietnam, Singapura adalah tim lebih lemah, jadi pemain tidak punya tekanan untuk menang," tuturnya menambahkan.

Sementara itu, jelang duel melawan Singapura, timnas Indonesia dihantui rekor buruk dalam sembilan pertemuan terakhir di Piala AFF sebelumnya.

Dalam head to head, timnas Indonesia hanya menang dan imbang dua kali, serta menelan kekalahan sebanyak lima kali dari Singapura.

Meski begitu, kini komposisi pemain Singapura telah berubah. Skuat Garuda justru tampil dengan para pemain muda yang berbahaya di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Terbukti di babak penyisihan, timnas Indonesia mampu finis sebagai juara Grup B karena unggul produktivitas gol atas Vietnam. Di laga pamungkas Grup B, Elkan Baggott dkk sukses menghajar Malaysia dengan skor telak 4-1.