Bola Internasional

Resmi, Fans Timnas Indonesia Boleh Bawa Bendera Merah Putih di Semifinal Piala AFF

Rabu, 22 Desember 2021 12:40 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Prio Hari Kristanto
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Suporter timnas Indonesia akhirnya diberikan izin untuk membawa bendera merah putih saat bersua Singapura di semifinal Piala AFF 2020. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Suporter timnas Indonesia akhirnya diberikan izin untuk membawa bendera merah putih saat bersua Singapura di semifinal Piala AFF 2020.

INDOSPORT.COM - Suporter Timnas Indonesia akhirnya diberikan izin untuk membawa bendera merah putih saat bersua Singapura di semifinal Piala AFF 2020.

Sebelumnya, media sosial resmi Federasi Sepak Bola Singapura memperingatkan suporter timnas Indonesia untuk tidak membawa bendera merah putih. Hal tersebut lantas menimbulkan banyak reaksi dari netizen tanah air.

Sejumlah netizen melakukan protes karena kebebasannya dibatasi dan menganggap aturan badan anti doping dunia (WADA) hanya berlaku pada atlet dan ofisialnya.

Tidak hanya netizen dari Indonesia, sejumlah warganet Thailand juga melakukan aksi yang sama karena negaranya mendapat sanksi dari WADA.

Masalah ini langsung cepat direspons oleh AFF. Mereka akhirnya menerbitkan surat bernomor Ref: ASC2020/WL/2012/LKT/GB/TD/JM/06, yang menyebut kalau fans Indonesia dan Thailand diperbolehkan untuk membawa atribut lengkap.

"Mohon diperhatikan, AFF mengizinkan para penggemar Thailand dan Indonesia untuk membawa bendera nasional untuk pertandingan tim masing-masing," tulis surat resmi dari AFF.

"Mungkin tidak bertentangan dengan pemberitahuan WADA tentang buruknya pengibaran bendera nasional, yang mendorong AFF untuk mengambil pendapat dari Organisasi Anti-Doping Regional Asia Tenggara (SEARADO)," imbuhnya.