Bola Internasional

Hasil Semifinal Piala AFF 2020 Singapura vs Timnas Indonesia: Sama Kuat!

Rabu, 22 Desember 2021 21:31 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Berikut hasil pertandingan semifinal Piala AFF 2020 leg 1 antara Singapura vs Timnas Indonesia, Rabu (22/12/21) di National Stadium. Skor imbang 1-1.

Setelah Witan Sulaeman membawa Tim Nasional Indonesia unggul 1-0 di babak pertama, kedua tim tidak mau kendor dan terus bermain menyerang silih berganti.

Shin Tae-yong coba memainkan Ezra Walian dan Evan Dimnas untuk menambah daya gedor, dan juga memasukkan Elkan Baggott untuk mengantisipasi striker lawan.

Namun, alih-alih ke Ezra Walian, pressing nampaknya lebih bertumpu pada Irfan Jaya. Sebaliknya, Singapura juga mulai mendapatkan pola terbaik bersama Ikhsan Fandi.

Ikhsan Fandi mampu menembus dua bek Indonesia, bahkan mengecoh Nadeo Argawinata, namun bola hanya melintas di depan gawang, tidak ada yang menyambut.

Faris Ramli yang juga menghuni lini depan skuat Singapura, pergerakannya terlalu cepat saat sudah mendapatkan bola.

Melihat Ikhsan Fandi tanpa kawalan, Faris dengan cepat mengoper bola. Kesalahan antisipasi dari Nadeo membuat Ikhsan mampu melesakkan gol di menit ke-70.

Singapura berhasil mengimbang Timnas Indonesia di angka 1-1. Dua menit berselang, shooting Ikhsan Fandi membentur tiang gawang. Skuat Garuda mulai terancam.

Indonesia sejatinya mendapat peluang saat Ricky Kambuaya dilanggar keras, tapi tendangan bebas milik Evan Dimas masih bisa dibendung pagar betis SIngapura.

Shin Tae-yong justru menarik keluar Ezra Walian, dan memasukkan Hanis Saghara Putra di 20 menit akhir pertandingan. Shooting milik Hanis pun bisa diamankan kiper.

Lima menit jelang babak kedua berakhir, peluang Witan Sulaeman lagi-lagi digagalkan kiper Singapura. Tendangan jarak jauh Amy pun berhasil ditepis Nadeo Argawinata.

Tersisa dua menit waktu normal, Irfan Jaya terlalu terburu-buru, sehingga belum bisa menembus kiper lawan. Serangan ini menjadi yang terakhir bagi Timnas Indonesia.

Skor akhir 1-1 menutup babak semifinal leg 1 Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia vs Singapura.