Bola Internasional

Piala AFF: Safee Sali, Top Skor Malaysia yang Viral Usai Timnas Indonesia Pesta Gol

Rabu, 22 Desember 2021 16:32 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Mohd Rasfan/AFP via Getty Images
Piala AFF: Safee Sali, Top Skor Malaysia yang Viral Usai Timnas Indonesia Pesta Gol Copyright: © Mohd Rasfan/AFP via Getty Images
Piala AFF: Safee Sali, Top Skor Malaysia yang Viral Usai Timnas Indonesia Pesta Gol

INDOSPORT.COM – Mengenal kembali sosok Safee Sali, salah satu mesin gol asal Malaysia yang sempat gegerkan media sosial pasca Timnas Indonesia meraih kemenangan telak di Piala AFF 2020.

Pada gelaran Piala AFF 2020, sejumlah drama serta intrik menarik baik di luar maupun dalam lapangan kerap kali terjadi, bahkan Timnas Indonesia pun sempat mengalaminya.

Salah satu yang paling dekat terjadi adalah saat mantan pemain Timnas Malaysia, Safee Sali, berikan komentar soal tim-tim yang bakal lolos penyisihan grup Piala AFF 2020.

Dalam salah satu wawancaranya, Safee Sali menyebut kalau hanya Malaysia dan Vietnam yang akan lolos meski ada timnas Indonesia, Kamboja dan Laos.

Ia menilai kalau pasukan Timnas Indonesia arahan Shin Tae-yong banyak diisi pemain muda yang kurang pengalaman.

Kemudian keberadaan eks pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 yakni Shin Tae-yong juga tetap tidak mampu membawa timnas Indonesia mengalahkan Vietnam dan Malaysia.

"Saya berharap Vietnam dan Malaysia akan terus berlanjut. Indonesia membawa tim muda dan potensial ke turnamen ini, tetapi dibandingkan para pesaingnya, para pemain muda itu masih kurang berpengalaman," ujar Safee Sali.

“Pelatih Indonesia (Shin Tae-yong) tidak peduli seberapa ambisius dia, dia harus menerima kenyataan bahwa Piala AFF 2020 bukanlah waktu terbaik untuk mengharapkan sesuatu yang besar dari kelompok pemain ini," tuturnya menambahkan.

© ESPN FC
Striker Timnas Malaysia, Safee Sali. Copyright: ESPN FCStriker Timnas Malaysia, Safee Sali.

Sontak saja, pernyataan Safee Sali itu membuat netizen tanah air geram. Dalam beberapa saat, media sosial pribadi sang pemain langsung diserang oleh netizen.

Apesnya bagi Safee Sali, pada pertandingan terakhir penyisihan Grup B Piala AFF 2020, Timnas Indonesia justru berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor telak 1-4.

Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia lolos ke babak semifinal bersama Vietnam, sementara Malaysia malah gugur dengan menempati urutan ketiga klasemen akhir.

Kemenangan ini pun lagi-lagi membuat nama Safee Sali mencuat. Media sosial sang pemain pun penuh komentar netizen Tanah Air, yang seolah mengungkit kembali prediksinya di awal kompetisi.

Dibalik sensasinya soal prediksi Timnas Indonesia, sosok Safee Sali sejatinya merupakan salah satu ikon sepak bola Malaysia bahkan sempat dipuji para fans Tanah Air.

Alasan yang membuat Safee Sali jadi bintang dan dikagumi adalah prestasi menterengnya, terutama saat memperkuat Timnas Malaysia di Piala AFF 2010.

Pada ajang tersebut, Safee Sali berhasil mencetak 5 gol dengan tiga diantaranya dilesakkan ke gawang Timnas Indonesia.

Catatan tersebut membuat Safee Sali keluar sebagai Top Skor Piala AFF 2010, mengungguli Christian Gonzales yang cuma mencetak 3 gol.