Bola Internasional

Rapor Terbaik Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF, Asnawi Paling Menonjol

Rabu, 22 Desember 2021 13:08 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Berikut rapor terbaik pemain timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020, di mana Asnawi Mangkualam menjadi sosok yang paling menonjol di lapangan.

Di Piala AFF 2020, pelatih timnas Indonesia yakni Shin Tae-yong memang menujuk Evan Dimas sebagai kapten. Namun dalam dua laga terakhir melawan Vietnam dan Malaysia, ia menerapkan strategi berbeda dengan menempatkannya di bangku cadangan.

Hal ini membuat Asnawi Mangkualam kemudian dipercaya untuk menggantikan Evan Dimas sebagai kapten Skuat Garuda. Eks pemain PSM Makassar ini sukses menjawab kepercayaan dari Shin Tae-yong dengan penampilan agresif di lapangan.

Dalam catatan statistik dari Lapang Bola, Asnawi Mangkualam menjadi pemain yang memiliki nilai rapor tertinggi setelah sukses melakukan 39 kali intersep sebagai bek kanan.

Tidak hanya itu, ia juga melakukan 26 kali tekel kepada lawan dan enam kali dribel sukses dalam 340 menit catatan bermain bersama timnas Indonesia.

Penampilan hebatnya tersebut sukses membawa pasukan pasukan Garuda lolos ke semifinal Piala AFF 2020 dengan berstatus sebagai juara Grup B.

Asnawi Mangkulaman memang dikenal sangat dekat dengan Shin Tae-yong. Hal itu karena ia sudah mau memberanikan diri berkarier di kasta kedua Liga Korea Selatan bersama Ansan Greeners FC.