Bola Internasional

Tak Cuma 'Bantuan' Wasit, Servis Manajer Manis Juga Bikin Thailand Menang di Piala AFF 2020

Jumat, 24 Desember 2021 15:48 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© Changsuek
Tak Cuma 'Bantuan' Wasit, Servis Manajer Manis juga Bikin Thailand Menang di Piala AFF 2020 Copyright: © Changsuek
Tak Cuma 'Bantuan' Wasit, Servis Manajer Manis juga Bikin Thailand Menang di Piala AFF 2020

INDOSPORT.COM - Meski sempat mengundang perdebatan karena dianggap dibantu oleh wasit, namun tidak dipungkiri Thailand bermain apik kala menghempaskan Vietnam 0-2 di leg pertama semi-final Piala AFF 2020 lalu. Tiap lini The War Elephants tampil spartan selama 90 menit.

Kurang dari 25 menit laga berjalan, kapten Chanathip Songkrasin sudah dua kali menjebol gawang Vietnam kawalan Trần Nguyên Mạnh. Di sisa pertandingan, Thailand tetap dominan dengan 53% penguasaan bola dan membatasi lawan menembak tepat sasaran dua kali saja.

Taktik yang diracik pelatih kepala Alexandre 'Mano' Polking memang berhak mendapat kredit untuk sukses Thailand kali ini, namun usaha Nualphan Lamsam selaku manajer juha tidak bisa dipandang sebelah mata. Dua hari sebelum pertandingan di Singapore National Stadium, ia melakukan bagi-bagi hadiah untuk para pemainnya.

Dilihat dari laman Facebook resmi tim nasional Thailand, terdapat setidaknya 15 hadiah yang diberikan pada para bintang. Bukan sembarang bingkisan tentunya karena berupa barang-barang mewah dengan merk terkenal.

Sebut saja tas keluaran Prada hingga Cristian Dior. Tidak lupa juga sebuah ponsel beken iPhone 13. Semuanya diberikan Lamsam secara cuma-cuma dengan sistem undian dengan tujuan melepas stres para pemain selama gelaran Piala AFF 2020.

Uniknya dua pemain dengan jumlah caps paling minim yakni Weerathep Pomphan (2) dan Jenphop Phokhi (0) jadi pemain dengan hoki paling besar. Pomphan memenangkan tas Hermes Constance sementara Phokhi mendapat jam tangan Rolex.

Tidak heran jika Thailand bermain habis-habisan kontra Vietnam. Belum lagi sebelumnya juga sempat beredar kabar jika kelolosan ke final akan membuat federasi negeri gajah putih siap memberi bonus 10 juta Baht atau sekitar 4,2 miliar Rupiah untuk dibagi rata skuat dan staf pelatih.