Bola Internasional

Sempat Kesal, Kini Media Vietnam Balik Puji Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Sabtu, 25 Desember 2021 18:50 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Sempat Kesal, Kini Media Vietnam Balik Puji Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 Copyright: © PSSI
Sempat Kesal, Kini Media Vietnam Balik Puji Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

INDOSPORT.COM - Jelang leg kedua semi-final Piala AFF 2020 antara timnas Indonesia vs Singapura, kembali terdengar nada positif untuk skuad Garuda. Kali ini datang dari negara sesama semi-finalis yakni Vietnam yang kagumi progres anak-anak asuh Shin Tae-yong.

Media asal Vietnam, Soha, memberi kredit dengan kemampuan adaptasi timnas Indonesia pada lawan-lawan mereka sejauh ini di Piala AFF 2020. Padahal rataan usia mereka sangatlah muda, 23,8 tahun atau 1,1 tahun lebih hijau ketimbang Vietnam di urutan kedua.

Kala melawan Vietnam di matchday ketiga Grup B, timnas Indonesia mempamerkan pertahanan rapat dan memaksakan hasil imbang 0-0. Ini adalah sebuah capaian yang tidak bisa diremehkan mengingat The Golden Star Warriors levelnya sudah di kualifikasi Piala Dunia zona Asia akhir.

Namun kala jumpa Malaysia di partai penentuan juara grup, timnas Indonesia kembali menunjukkan tajinya. Harimau Malaya pun dibantai 4-1 dan status juara sekaligus kelolosan ke empat besar bisa diamankan.

"Indonesia sama sekali tidak lebih lemah dari Vietnam. Mereka hanya tahu taktik apa yang harus dimainkan. Ini berkat instruksi jenius Shin Tae-yong yang menjelma jadi sosok pemimpin besar mereka," tulis Soha dalam artikel mereka pada Sabtu (25/12/21).

"Shin Tae-yong membuat Indonesia menjadi fleksibel. Mereka beradaptasi dengan lawan mereka. Saat dibutuhkan, mereka bisa bertahan dengan kuat dan di lain waktu menyerang habis-habisan,"

"Penggawa Indonesia adalah yang paling minim pengalaman di Piala AFF 2020 namun semangat untuk menang mereka besar. Permainan mereka juga padu, bahkan jika dibandingkan dengan Singapura," tambah artikel itu lagi.