Bola Internasional

Jadwal Lengkap Final Piala AFF 2020: Timnas Indonesia vs Thailand, Siapa yang Juara?

Senin, 27 Desember 2021 07:17 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© INDOSPORT
Jadwal final Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia vs Thailand Copyright: © INDOSPORT
Jadwal final Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia vs Thailand

INDOSPORT.COM – Berikut ini jadwal pertandingan final Piala AFF 2020 yang akan mempertemukan antara Timnas Indonesia vs Thailand. Siapakah di antara kedua tim yang akan menjadi juara?

Pertandingan final Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia vs Thailand dijadwalkan dalam dua leg, leg pertama pada 29 Desember 2021 dan leg kedua digelar pada 1 Januari 2022.

Timnas Indonesia diketahui memastikan lolos ke babak final setelah susah payah menaklukkan tuan rumah Singapura dengan kemenangan agregat 5-2.

Di leg pertama, Indonesia harus bermain imbang 1-1 dengan Singapura. Hasil ini membuat tugas Asnawi Mangkualam Bahar dkk lebih berat di leg kedua saat menghadapi lawan yang sama.

Benar saja. Drama enam gol dan tiga kartu merah pun tercipta di pertandingan leg kedua Timnas Indonesia melawan Singapura dengan perpanjangan waktu 30 menit.

Main selama 120 menit, Indonesia akhirnya keluar sebagai pemenang degan skor 4-2 (agg. 5-3).

Sementara itu  calon lawan Timnas Indonesia, Thailand justru melaju ke babak final dengan mulus usai menyingkirkan Vietnam yang berstatus juara bertahan  Piala AFF.

Thailand yang sudah unggul dua gol (2-0) di leg pertama semifinal Piala AFF 2020 mampu bertahan dari serangan Vietnam di leg kedua. Saking alotnya pertandingan, kedua tim tak berhasil mencetak satu pun gol.

Alhasil, pertandingan itu berakhir dengan skor kacamata alias imbang 0-0. Namun Thailand dipastikan menang dengan keunggulan agregat 2-0.

Nah, duel Timnas Indonesia vs Thailand di final Piala AFF sendiri diyakini bakal berlangsung sengit. Pasalnya, ini bukan pertama kalinya Indonesia bertemu Thailand, dengan riwayat hasil akhir yang kurang memuaskan.

Tercatat, Timnas Garuda sudah pernah bermain di final dalam lima kesempatan berbeda, yaitu pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016. Sayangnya, Indonesia harus puas menjadi runner-up.