Bola Internasional

Piala AFF: Puji Taktik Shin Tae-yong, Menpora Sesumbar Timnas Indonesia Juara

Selasa, 28 Desember 2021 08:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© rayki/kemenpora
Menpora Zainudin Amali kunjungi TC Timnas Indonesia. Copyright: © rayki/kemenpora
Menpora Zainudin Amali kunjungi TC Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memuji kecerdikan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Strategi apik pria asal Korea Selatan itu mengantarkan skuad Garuda ke final Piala AFF 2020. 

Indonesia lolos ke final setelah mengalahkan Singapura dengan agregat 5-3 di semifinal. Menurut Menpora, laga leg kedua semifinal, dua hari lalu, sangat memicu adrenali, sebelum akhirnya Indonesia unggul 4-2. 

"Pertandingan semifinal Piala AFF leg ke kedua antara Timnas Indonesia vs Singapura mendebarkan. Saya sempat deg-degan, khawatir saat posisi kita tertinggal 1-2. Padahal, kubu lawan tinggal sembilan pemain," kata Zainudin Amali, Senin (27/12/21).

Racikan taktik Shin Tae-yong dinilai sangat jitu bagi timnas Indonesia. Sehingga, Menpora optimistis Asnawi Mangkualam dkk, bisa membawa pulang trofi Piala AFF 2020. 

"Sekali lagi saya juga ingin mengapresiasi pelatih Shin Tae-yong yang menerapkan strategi dengan jitu, sehingga timnas Indonesia bisa masuk final," ujar Menpora lagi. 

"Saya kira kita sudah membuktikan, anak-anak kita, pelatih Shin Tae-yong dan timnya sudah membuktikan. Kalau dilihat dari performa, saya optimistis. Mudah-mudahan, mereka bisa menunjukan permainan terbaik," tukas Zainudin Amali.