Bola Internasional

Cukur Timnas Indonesia di Final Piala AFF, Thailand Pecahkan Rekor 21 Tahun Silam

Rabu, 29 Desember 2021 22:31 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© PSSI
Aksi Dedik Setiawan di leg pertama final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Thailand. Copyright: © PSSI
Aksi Dedik Setiawan di leg pertama final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Thailand.

INDOSPORT.COM – Thailand memecahkan rekor yang mereka buat di final Piala AFF kala mencukur habis Timnas Indonesia dengan skor 4-0, Rabu (29/12/21).

Dalam final Piala AFF 2020 leg pertama yang digelar di Stadion Nasional, Singapura, Timnas Indonesia harus rela gawangnya dijebol sebanyak empat kali oleh Thailand.

Gol pertama Thailand bahkan hadir di awal pertandingan, tepatnya di detik ke-80 lewat sontekan kaki kiri Chanathip Songkrasin yang bertahan hingga babak pertama usai.

Timnas Indonesia pun sejatinya hampir membalas gol tersebut lewat Alfeandra Dewangga. Sayang sepakannya di muka gawang malah melambung jauh.

Di babak kedua, Thailand menambah keunggulan lewat gol kedua Chanathip di laga ini serta dua gol tambahan dari Supachok Sarachat dan Bordin Phala yang membuat tim Gajah Perang unggul empat gol atas Timnas Indonesia.

Tak disangka, kemenangan besar ini nyatanya melampaui rekor yang Thailand buat di Piala AFF, yakni sebagai tim yang paling subur di final.

Kemenangan 4-0 atas Indonesia di final Piala AFF ini membuat Thailand melewati pencapaiannya 21 tahun silam yang mampu meraih kemenangan 4-1 yang juga dibuat kala berhadapan dengan tim Merah Putih di final Piala AFF 2000.

Hingga Piala AFF memasuki edisi ke-13, tak ada tim selain Thailand yang mampu meraih kemenangan dengan margin gol besar di babak final.