Bola Internasional

Soal Kabar Terbaru Proyek Naturalisasi Empat Pemain Keturunan, Ini Update dari PSSI

Jumat, 31 Desember 2021 16:53 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© BELGA
Hasani Abdulgani menjamin PSSI tidak mengendor dalam menaturalisasi Sandy Walsh, Jordi Amat, Ragnar Oratmangoen, dan Mees Hilgers namun 'terhambat' masa libur. Copyright: © BELGA
Hasani Abdulgani menjamin PSSI tidak mengendor dalam menaturalisasi Sandy Walsh, Jordi Amat, Ragnar Oratmangoen, dan Mees Hilgers namun 'terhambat' masa libur.

INDOSPORT.COM - PSSI saat ini masih terus terus mengusahakan secepatnya merampungkan proses pergantian paspor empat pemain keturunan yang rencananya akan dipanggil ke timnas Indonesia. Terkesan lambat, namun badan yang bersangkutan menjamin semuanya berjalan lancar.

Laporan dari eksekutif PSSI, Hasani Abdulgani, upaya menjadikan Sandy Walsh, Jordy Amat, Mees Hilgers, dan Ragnar Oratmangoen masih bergulir. Hanya saja untuk sementara waktu ada rehat yang harus diambil para pemain tersebut.

Berhubung di Erop libur hari raya Natal dan juga pergantian tahun masih berlangsung, jadi PSSI memberi kesempatan keempatnya untuk beristirahat. Setelah semua kembali normal maka proses naturalisasi bisa dimulai kembali.

"Karena di Eropa masih dalam suasana libur Natal dan Tahun Baru, mohon pengertiannya karena proses naturalisasi menjadi terhambar. Sejauh ini baik-baik saja. Terima kasih." ungkap Hasani melalui Instagram-nya.

Sejauh ini info yang bisa dikorek dari Hasani adalah baik Amat maupun Walsh mempunyai kelengkapan dokumen hingga pergantian citizenship mencapai 90%. Keduanya juga sudah lolos pengecekan kebenaran akar Indonesia mereka. 

Kendati memiliki orang tua dari Belanda dan Irlandia Utara, Walsh masih punya darah Indonesia melalui kakek dan nenek di pihak ibu. Sang kakek lahir di Surabaya sedangkan nenek di Purworejo sebelum akhirnya menetap di Belanda.

Sedangkan Amat justru punya keturunan ningrat dari dari salah satu kerajaan di Sulawesi dari pihak nenek. Mantan defender timnas Spanyol junior itu pun mengutarakan niatnya secara terbuka membela timnas Indonesia per Oktober 2021 lalu.