Bola Internasional

Langgar Aturan Bubble, Elkan Baggott: Para Pemain Tidak Tahu, Ofisial Membolehkan

Minggu, 2 Januari 2022 02:23 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI
Elkan Baggott Copyright: © PSSI
Elkan Baggott

INDOSPORT.COM -  Elkan Baggott menyebut para pemain tidak tahu mereka akan melanggaran aturan bubble di Piala AFF 2020, padahal dibolehkan ofisial tim.

Timnas Indonesia harus tampil tanpa empat pemain andalannya saat melawan Thailand di leg kedua final Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, pada Sabtu (01/01/22) malam WIB.

Empat pemain tersebut adalah Elkan Baggott, Victor Igbonefo, Rizky Dwi, dan Rizky Ridho. Hal tersebut dikarenakan nama-nama ini disebut melanggar aturan bubble yang diterapkan oleh panitia.

Keputusan ini disampaikan oleh Pemerintah Singapura melalui Kepala Singapore Sport Institute, Su Chin Wei dengan mengirimkan surat kepada PSSI pada Jumat (31/12/21) lalu.

PSSI melalui Sekjennya, Yunus Nusi jelas kecewa dengan keputusan ini. Terlebih keempat pemain tersebut adalah andalan bagi Timnas Indonesia di lini belakang, yang berusaha untuk membalikkan kekalahan 4-0 di leg pertama melawan Thailand.

"Kami sudah mendapatkan denda dari AFF karena empat pemain tersebut melanggar aturan bubble pada 23 Desember lalu. Kami sudah membayar denda itu. Kok sekarang secara mendadak mereka menghukum pemain dengan tidak boleh bermain nanti malam," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi dalam rilis resmi PSSI, Sabtu (01/01/22).

Lebih lanjut, Yunus Nusi juga mengungkapkan sejumlah keanehan dari surat yang diterima oleh PSSI dari pihak Pemerintah Singapura.

"Ini juga email tidak ada kop surat dan hanya ditulis badan email. Terus dikirim saat malam jelang pergantian tahun baru 2022. Apakah hal ini disengaja atau sesuai aturan.

PSSI tentu tidak akan berdiam diri terkait ini. Timnas Indonesia banyak dirugikan selama gelaran Piala AFF 2020 di Singapura," ucap Yunus.