Bola Internasional

Gagal di Piala AFF, Media Vietnam Bangga Timnya Masih Jadi No 1 di ASEAN

Senin, 3 Januari 2022 20:55 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Gagal di Piala AFF, Media Vietnam Bangga Timnya Masih Jadi No 1 di ASEAN. Copyright: © PSSI
Gagal di Piala AFF, Media Vietnam Bangga Timnya Masih Jadi No 1 di ASEAN.

INDOSPORT.COM - Meski gagal mempertahankan gelar juara Piala AFF, media Vietnam tetap bangga dengan pasukan Park Hang-seo karena masih berstatus tim nomor satu di ASEAN.

Seperti diketahui, Vietnam harus menelan pil pahit karena perjalanan di Piala AFF 2020 terhenti sampai babak semifinal. Mereka kalah dengan skor agregat 0-2 saat bersua Thailand.

Saat babak penyisihan, Vietnam juga gagal mengalahkan timnas Indonesia karena bermain imbang dengan skor kaca mata. The Golden Star akhirnya harus finis di posisi runner up Grup B karena kalah produktivitas gol dari Skuat Garuda.

Meski begitu, media Vietnam tetap bangga dengan pasukan Park Hang-seo. Pasalnya, posisi Que Ngoc Hai dkk di ranking FIFA masih menjadi yang terbaik di antara negara-negara wilayah ASEAN.

Vietnam masih menduduki ranking 98 FIFA dengan raihan 1212.54 poin. Timnas Indonesia sendiri juga mampu naik satu tingkat ke posisi 164 dunia setelah mendapat tambahan 0,78 poin di Piala AFF.

"Meski belum terlalu banyak meraih kesuksesan di turnamen-turnamen tahun 2021, namun Vietnam Tel tetap kokoh di posisi tim No 1 di Asia Tenggara menurut peringkat FIFA," tulis thethao247.

"Ini juga merupakan tahun ke-5 berturut-turut, "The Golden Star" meraih prestasi luar biasa ini," imbuhnya.

Sementara itu, Thailand yang meraih gelar juara Piala AFF 2020 justru malah kehilangan 0,78 poin dan tetap duduk di urutan 113 dunia. Hal itu lantaran hasil imbang 2-2 melawan timnas Indonesia pada laga final leg kedua.