Liga Indonesia

Liga 1: Resmi ke Barito Putera, Yu Hyun-koo Akui Pernah Trauma di Indonesia

Senin, 3 Januari 2022 13:24 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Sop Buntut 1988
Yu Hyun-koo resmi merapat ke Barito Putera Copyright: © Sop Buntut 1988
Yu Hyun-koo resmi merapat ke Barito Putera

INDOSPORT.COM - Pemain naturalisasi asal Korea Selatan, Yu Hyun-koo resmi mengikat kontrak dengan Barito Putera pada Minggu (02/01/22), walaupun ia pernah trauma.

Bukan trauma pada Barito Putera, tapi trauma saat pertama kali ia menginjakkan kaki di Indonesia pada awal tahun 2011 lalu, di mana Yu Hyun-koo kesulitan berapatasi.

Menurut Yu Hyun-koo, ia mendengar bahwa suporter sepak bola di Indonesia kerap kali bersitegang. Ia juga mengaku tidak cocok dengan kuliner yang jauh beda dari Korea.

"Saya pas awal datang ke Indonesia, susah makan, nggak sesuai selera, saya mau pulang ke Korea, saya nggak mau kontrak," ungkap Yu Hyun-koo via Tiento Indonesia.

"Saya susah makan, mulai sakit, mencret, aduh saya nggak sanggup, saya mau pulang ke Korea saja," curhat pemain yang pernah membela Timnas Korea usia muda tersebut.

Kala itu, Yu Hyun-koo pertama kali ditawari untuk membela Semen Padang FC di Liga Super Indonesia 2011. Namun, ia sempat menolaknya di hadapan manajemen.

"Saya bilang ke manajemen, saya nggak mau kontrak, uang, apapun, saya nggak mau, saya cuma mau pulang," lanjutnya.

Namun, manajemen Semen Padang dan sang agen membujuk Yu Hyun-koo untuk bertahan di Indonesia, karena ia memiliki potensi yang bagus di sektor gelandang.

"Mereka bilang, coba pikirin dulu, satu minggu istirahat. Waktu itu saya berpikir panjang, oke saya coba setahun, nggak mau banyak, habis itu saya mau pulang."