Liga Indonesia

Renshi Yamaguchi Bongkar Perbedaan Liga Indonesia dan Jepang: Emosional!

Selasa, 4 Januari 2022 16:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pemain asing Arema FC di Liga 1 2021-2022, Renshi Yamaguchi, membongkar perbedaan kualitas antara sepak bola Indonesia dan Jepang.

Sebagaimana diketahui, manajemen Arema FC resmi mendatangkan Renshi Yamaguchi di awal kompetisi Liga 1 2021-2022. Pemain asing Asia itu berposisi sebagai gelandang.

Sebelumnya, Renshi Yamaguchi juga pernah bermain di Liga Singapura, Laos, dan cukup lama bermain di Liga Thailand. Setidaknya ada tiga klub yang sudah pernah ia jajal.

Salah satunya adalah Lampang FC di 2020, di mana Renshi Yamaguchi juga berada satu tim dengan pemain Indonesia di Liga Thailand, yaitu Todd Rivaldo Ferre.

Pertama kali datang ke Indonesia, Renshi Yamaguchi mengaku cukup terkejut saat melihat perbedaan yang signifikan antara Liga 1 dengan liga sepak bola di Jepang.

"Di Jepang mainnya lebih taktikal, semua pemain bekerja sama, baik saat bertahan ataupun saat menyerang," ungkap Renshi Yamaguchi, dinukil dari Tiento Indonesia.

"Kalau Singapura mainnya lebih agresif, sedangkan Laos dan Thailand, saya tidak tahu bagaimana cara menyebutkannya," cetusnya.

Sementara di Liga Indonesia, Renshi Yamaguchi mengaku fokus kepada kualitas para pemain yang sebenarnya masih bisa ditingkatkan di beberapa aspek permainan.

"Kalau Indonesia, saya pikir mereka butuh skill individu yang lebih baik lagi, misalnya satu lawan satu, saat lari, duel, mencetak gol, dan juga saat bertahan," jelasnya.