Bola Internasional

Kejar Ketertinggalan, Pemain Malaysia Didesak Ikuti Cara Timnas Indonesia

Kamis, 6 Januari 2022 23:13 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Pertandingan Grup B PIala AFF 2020 antara Malaysia vs Timnas Indonesia, Minggu (19/12/21). Copyright: © PSSI
Pertandingan Grup B PIala AFF 2020 antara Malaysia vs Timnas Indonesia, Minggu (19/12/21).

INDOSPORT.COM - Mantan pelatih Malaysia, Wan Jamak memberikan saran kepada pesepakbola Harimau Malaya untuk mengikuti jejak pemain-pemain Thailand dan Timnas Indonesia yang mau berkarier di luar negeri agar bisa berkembang.

Seperti diketahui, Malaysia tampil mengecewakan pada ajang Piala AFF 2020 lalu. Safawi Rasid dan kawan-kawan tersingkir di fase Grup B setelah dikalahkan Timnas Indonesia dengan skor 1-4.

Sebelumnya, penampilan skuat Negeri Jiran juga kurang meyakinkan di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Hasil ini membuat Tan Cheng Hoe mengambil keputusan untuk mundur dari kursi pelatih Timnas Malaysia.

"Para pemain mulai terlalu nyaman bermain di Malaysia. Ini perlu diubah karena kita bisa melihat pemain lain di kawasan Asia Tenggara mulai berkembang saat mereka bermain di luar negeri," kata Wan Jamak Wan Hassan, seperti dilansir dari New Straits Times .

Setelah kegagalan berturut-turut tim Malaysia di kualifikasi Piala Dunia dan Piala AFF, Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) terus mencari solusi agar bisa mengembalikan prestasi Malaysia. 

Liga Malaysia memang salah satu kompetisi terbaik di Asia Tenggara. Para pemain mendapatkan fasilitas dan gaji yang sangat memuaskan di klubnya.  Namun, hal ini juga membuat mereka puas bermain di dalam negeri ketimbang merantau ke liga luar yang lebih bagus.