Bola Internasional

Perpanjang Kontrak di Ansan Greeners, Asnawi Bawa-bawa Nama Shin Tae-yong

Jumat, 7 Januari 2022 10:20 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Asnawi Mangkualam sukses mendapat kontrak baru bersama Ansan Greeners di K-League 2 dan tidak lupa berterimakasih pada Shin Tae-yong. Copyright: © PSSI
Asnawi Mangkualam sukses mendapat kontrak baru bersama Ansan Greeners di K-League 2 dan tidak lupa berterimakasih pada Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Asnawi Mangkualam kembali mengingatkan pada publik tentang betapa penting peran Shin Tae-yong pada kariernya di sepak bola. Tanpa jasa pelatihnya di timnas Indonesia itu, maka mungkin Asnawi tidak bisa merumput di Korea Selatan bersama Ansan Greeners seperti sekarang.

Shin Tae-yong menyarankan pada Asnawi untuk menjajal kerasnya K-League pada 2021 lalu setelah lima tahun merumput di Liga 1 bersama Persiba Balikpapan dan PSM Makassar. Manajer berusia 52 tahun itu bahkan sampai mau membantu untuk mencarikan klub.

Dengan peraturan baru mengenai jatah pemain asing asal Asia Tenggara yang diberi slot khusus, Asnawi kemudian bisa bergabung dengan Ansan. Pada mulanya, sang bek kanan 22 tahun hanya diberi kontrak dengan durasi 11 bulan saja oleh kesebelasan kasta kedua negeri gingsen itu.

Akan tetapi, Asnawi kemudian sukses mengumpulkan 15 penampilan di K-League 2 dengan sumbangan satu assist. Bekal tersebut membuatnya ditunjuk sebagai salah satu kapten dan pemain utama Timnas Indonesia oleh Shin Tae-yong di ajang Piala AFF 2020 lalu.

Walau hanya pulang dengan status runner-up, ia tampil spartan sepanjang kejuaraan dengan sumbangan satu gol plus dua assist. Asnawi kemudian semakin berhak untuk tersenyum usai pada Kamis (06/01/22) lalu Ansan mengumumkan perpanjangan kontraknya hingga Desember 2023 dan itu semua berkat Shin Tae-yong.

"Saya senang Ansan masih mau melanjutkan kerja sama. Musim lalu bisa dibilang kurang maksimal karena cedera maupun karantina. Saya pun merasa jika kompetisi Korsel lebih sulit ketimbang Indonesia," ungkap Asnawi pada situs resmi Ansan.

"Sebagai pemain Indonesia pertama di K-League, saya ingin menjadi contoh yang baik sehingga semakin banyak pemain kami yang ingin datang kemari. Timnas kami akan semakin berkembang terutama dengan Shin Tae-yong sebagai pelatih," tambahnya lagi.