Bola Internasional

Shin Tae-yong Pastikan Siap Panggil Pemain Keturunan ke Timnas Indonesia Bulan Ini

Jumat, 7 Januari 2022 19:02 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Walau final Piala AFF 2020 belum genap sepekan berlalu dan skuat timnas Indonesia baru  dibubarkan Kamis (06/01/22) kemarin, namun Shin Tae-yong menolak beristirahat. Pelatih tim Garuda itu masih ada agenda internasional lain pada Januari ini yang kemungkinan bisa jadi kali pertama ia memanggil empat pemain keturunan idamannya.

Shin Tae-yong diketahui meminta pada PSSI untuk melakukan proses naturalisasi pada empat pemain yang sedang berkarier di Eropa. Di antaranya ada Jordi Amat, Sandy Walsh, Mees Hilgers, dan Ragnar Oratmangoen.

Info terbaru dari federasi menunjukkan jika Amat dan Walsh telah memasuki tahap akhir untuk mendapatkan paspor Indonesia. Dua pemain bertahan berdarah Spanyol dan Belanda-Irlandia Utara itu diisyaratkan oleh Shin Tae-yong sudah bisa dipanggil dalam waktu dekat.

Kebetulan pada 24 Januari hingga 29 Maret 2022 mendatang ada dua jeda internasional yang bisa dimanfaatkan untuk menguji keduanya. Jika menjanjikan, maka optimisme akan kembali menyertai timnas Indonesia di kualifikasi Piala Asia 2023 dan Piala AFF 2022.

Sementara itu untuk Hilgers dan Oratmangoen, prosesnya masih lebih lambat. Kendati demikian tidak diragukan lagi jika kedua bintang Eredivisie Belanda itu sudah memberikan lampu hijau pada PSSI. Hilgers bahkan telah menjalin komunikasi via telepon dengan Shin Tae-yong.

"Soal naturalisasi, sebetulnya kurang cocok untuk dianggap demikian. Mungkin lebih tepat jika disebut ganti kewarganegaraan. Mereka juga kan masih punya darah atau keturunan Indonesia," ungkap Shin Tae-yong saat ditemui oleh Jawa Pos.

"Ada sekitar empat pemain yang saya ajukan pada PSSI dan administrasi mereka sudah hampir tuntas. Saya ingin bisa memanggil setidaknya dua atau bahkan tiga untuk FIFA matchday di Januari ini," tambah pria berkebangsaan Korea Selatan itu.