Bola Internasional

Deretan Pemain Liga Indonesia yang Pernah Unjuk Gigi di Piala Afrika

Senin, 10 Januari 2022 15:45 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© FIFA
Striker legendaris timnas Kamerun, Roger Milla menjadi salah satu pemain Liga Indonesia yang pernah unjuk gigi di Piala Afrika. Copyright: © FIFA
Striker legendaris timnas Kamerun, Roger Milla menjadi salah satu pemain Liga Indonesia yang pernah unjuk gigi di Piala Afrika.

INDOSPORT.COM – Liga Indonesia tak pernah kehabisan pemain Afrika yang bermain di dalamnya. Siapa sangka, dari sekian banyak pemain asal benua hitam itu, sebagian pernah unjuk gigi di Piala Afrika.

Beberapa hari ke belakang, penikmat sepak bola Tanah Air dikejutkan dengan kabar bek Persebaya Surabaya, Alie Sesay dipanggil Sierra Leone untuk bermain di Piala Afrika 2021.

Sierra Leone sendiri tergabung di grup E bersama tiga kontestan lain yakni Guinea, Aljazair dan Pantai Gading. Artinya Alie Sesay berpotensi berhadapan dengan para pemain kelas wahid Eropa.

Sosok bernama lengkap Mohamed Alie Sesay tersebut bakal bersua bintang Manchester City, Riyad Mahrez yang membela Aljazair maupun para bintang ngetop tim lainnya, seperti Pantai Gading yang diperkuat Franck Kessie maupun Sebastian Haller.

Tentu, hal tersebut menjadi pengalaman berharga bagi Sesay, mengingat kali terakhir ia dipanggil Timnas terjadi 2 tahun lalu. Kini, setelah menunggu lama, ia akhirnya kembali masuk skuat Sierra Leone dan bakal bersua pemain bintang.

Bukan tanpa sebab mengapa Sesay kembali merapat bersama Sierra Leone. Jika berkaca pada penampilannya bersama Bajul Ijo, ia memang layak membela negaranya tampil di hajatan terbesar di Benua Afrika itu.

Sayangnya panggilan itu tak berakhir indah bagi Alie Sesay. Pasalnya, pemain berusia 27 tahun ini tak masuk ke dalam daftar 28 nama terakhir Sierra Leone.

Alie Sesay dicoret dan Sierre Leone lebih memilih nama Steven Caulker yang tak lain mantan bek Liverpool yang membuat namanya pun otomatis tercoret.

Hampir bermainnya Alie Sessay di Piala Afrika 2021 hampir menambah panjang daftar pemain Afrika yang bermain di Indonesia dan pernah unjuk gigi di ajang dua tahunan itu. Kira-kira, siapa saja pemain asal benua hitam itu?