Bola Internasional

Potensi Line Up Timnas Indonesia yang Bakal Tampil di Piala AFF U-23: Ronaldo Tumpuan!

Rabu, 12 Januari 2022 18:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Melihat potensi susunan pemain Timnas Indonesia yang bakal tampil di gelaran Piala AFF U-23 bulan Februari 2021 mendatang. Wonderkid Ronaldo akan jadi tumpuan skuat Garuda!

Seperti diketahui sebelumnya, bahwa Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan meminta pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk segera menyiapkan tim yang akan tampil di Piala AFF U-23 yang diselenggarakan pada 14-26 Februari 2022 di Kamboja.

Pasalnya, Timnas Indonesia diminta harus bisa mempertahankan gelar juara setelah pada edisi Piala AFF U-23 2019 skuat Garuda berhasil mengalahkan Thailand di partai final dengan skor 2-1.

Untuk Piala AFF U-23 2022, Timnas Indonesia akan bersaing dengan 10 negara lain di kawasan Asia Tenggara.

Timnas Indonesia akan mengawali kiprahnya dari babak penyisihan Grup B, dan bersaing dengan sejumlah lawan berat seperti Malaysia, Myanmar, dan Laos.

Untuk melakoni Piala AFF U-23 2022 nanti, pelatih Shin Tae-yong sempat menyatakan bakal kembali memanggil para pemain muda U-20 yang sudah tampil di Piala AFF 2020 di Singapura.

Akan tetapi, pelatih asal Korea Selatan tersebut memberikan pengecualian untuk pemain-pemain yang merumput di luar negeri.

Sehingga pada gelaran Piala AFF U-23 nanti, sejumlah nama bintang seperti Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri serta Elkan Baggott dipastikan bakal absen.

Meski begitu, sepanjang Liga 1 2021 serta pemusatan latihan Timnas Indonesia U-18 di Turki bulan November lalu, terdapat sejumlah pemain muda yang tampil bersinar dan mungkin layak mengisi pos line up Timnas Indonesia U-23.

Lantas siapa sajakah mereka? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Kiper

© Abdurrahman Ranala/INDOSPORT
Kiper Timnas U-16, Ernando Ari. Copyright: Abdurrahman Ranala/INDOSPORTKiper Timnas, Ernando Ari.

Pada posisi paling belakang alias penjaga gawang, Timnas Indonesia memiliki sejumlah nama potensial seperti Muhammad Riyandi (Barito Putera), Andika Ramadani (Persebaya) serta Ernando Ari (Persebaya).

Namun jika dilihat dari performa serta jam terbang bersama Timnas Indonesia, tampaknya Ernando Ari layak jadi pilihan utama untuk mengawal gawang skuat Merah-Putih.

Masih berusia 19 tahun, Ernando Ari sudah tampil sebanyak sembilan pertandingan buat Persebaya musim ini dan mencatatkan empat kali clean sheets.

Sementara untuk level timnas, tercatat jika Ernando Ari sudah bermain sejak di kategori U-16, U-19, U-23 bahkan Timnas Senior pada gelaran Piala AFF 2020 kemarin.