Bola Internasional

3 Pemain yang Berpotensi Hilang dari Line Up Timnas Indonesia Usai Marc Klok Datang

Sabtu, 15 Januari 2022 20:34 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Persija
3 Pemain yang Berpotensi Hilang dari Line Up Timnas Indonesia Usai Marc Klok Datang Copyright: © Persija
3 Pemain yang Berpotensi Hilang dari Line Up Timnas Indonesia Usai Marc Klok Datang

INDOSPORT.COM – Melihat tiga pemain Timnas Indonesia yang berpotensi hilang dari line up starting XI usai bintang Persib Bandung, Marc Klok datang.

Pemain naturalisasi asal Belanda, Marc Klok, belakangan memang ramai dibicarakan bakal masuk dipanggil dalam skuat Timnas Indonesia arahan pelatih Shin Tae-yong

Kabar ini mencuat setelah Marc Klok terlihat pamer kemesraan dengan pelatih timnas Indonesia disela-sela laga Persib Bandung vs Bali United.

Dilansir dari Instagram pribadi Marc Klok, sang pemain mengunggah foto bersama Shin Tae-yong saat laga pekan ke-19 Liga 1 musim 2021-2022, Kamis (13/01/22).

Entah apa yang sedang mereka bahas, namun Marc Klok memberikan keterangan kalau Shin Tae-yong sedang menjelaskan mengenai proyek ke depan bersama timnas Indonesia.

Seperti diketahui, gelandang andalan Persib Bandung tersebut telah resmi dinaturalisasi sebagai warga negara Indonesia (WNI) PADA 12 November 2020 lalu.

Setelah menjadi WNI, Marc Klok sempat dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti Pemusatan Latihan (TC) Timnas Indonesia pada pertengahan tahun 2021.

Akan tetapi, ia harus dicoret dari skuat Garuda setelah memutuskan untuk izin pulang karena ingin menyambut kelahiran anaknya.

Usai membagikan momen bersama Shin Tae-yong, nama Marc Klok pun dikabarkan bakal mendapat kesempatan kedua untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Meski belum ada keputusan resmi dari PSSI ataupun tim pelatih, namun kehadiran Marc Klok yang musim ini jadi andalan Persib tampaknya bakal memperkokoh lini tengah tim Merah-Putih.

Andai bergabung, Marc Klok pun berpotensi menyingkirkan beberapa pemain yang sebelumnya jadi pilihan utama di line up Timnas Indonesia.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Rachmat Irianto

© PSSI
Rachmat Irianto. Copyright: PSSIRachmat Irianto.

Nama pertama adalah Rachmat Irianto. Gelandang milik Persebaya ini berpotensi besar hilang dari line up dan turun menjadi pemain cadangan andai Marc Klok datang.

Sepanjang gelaran Piala AFF 2020 lalu, Rachmat Irianto memang menjelma sebagai pengatur serangan utama Timnas Indonesia hingga membawa skuat Garuda melangkah ke babak final.

Akan tetapi dalam beberapa laga terakhir di Piala AFF 2020, performa Rachmat Irianto terlihat menurun dan kerap melakukan kesalahan saat dipercaya sebagai defensive midfielder.

Dengan catatan tersebut, tampaknya Marc Klok bisa jadi jawaban untuk melengkapi kekurangan yang dimiliki Rachmat Irianto.

Berbekal usia yang jauh lebih matang serta pengalaman mentas di Eropa, gaya agresivitas Marc Klok sepertinya bakal sangat cocok untuk melengkapi taktik Shin Tae-yong.