Liga Indonesia

Singgung Prestasi Shin Tae-yong, Haruna Soemitro Digeruduk Netizen

Senin, 17 Januari 2022 11:10 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Haruna Soemitro selaku EXCO PSSI mendapat hujatan dari publik sepak bola Indonesia usai melancarkan kritik soal kinerja Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Copyright: © PSSI
Haruna Soemitro selaku EXCO PSSI mendapat hujatan dari publik sepak bola Indonesia usai melancarkan kritik soal kinerja Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Penggemar sepak bola Tanah Air khususnya fans Timnas Indonesia dibuat geger pada sejak Minggu (16/01/22) hingga Senin (17/01/22) hari ini. 

Pasalnya pelatih skuat Garuda, Shin Tae-yong, dilaporkan tengah memiliki hubungan yang kurang baik dengan pihak federasi (PSSI). Pernyataan itu dilontarkan oleh anggota komite eksekutif PSSI, Haruna Soemitro.

Haruna buka suara dalam sebuah podcast yang digelar oleh JPNN. Menurut Haruna, hubungan dengan Shin Tae-yong memang tengah ruwet. Ia beranggapan jika pelatih asal Korea Selatan tersebut sulit diajak berkomunikasi karena kendala bahasa.

Akahirnya Haruna pun mencap Shin Tae-yong anti dengan kritik. Penerjemah sang juru taktik, Jeong Seok-seo, atau yang akrab disapa Jeje juga kena semprot olehnya karena dituding tak becus menginterpretasi sehingga mungkin terjadi kesalahpahaman. 

"Per hari ini saya merasa bahwa komunikasi STY dengan PSSI tidak (sedang) baik-baik saja. Karena baru dikritik sudah tersinggung. Diberi masukan (juga) tersinggung," beber Haruna pada JPNN.

"Itu kan artinya translatornya tidak memahami konteks (maksud) kita. Atau dia sebenarnya paham namun tidak bisa mengungkapkan dengan cara yang baik," sambungnya lagi.

Lebih lanjut lagi, Haruna juga menyentil prestasi Shin Tae-yong yang 'hanya' bisa membawa timnas Indonesia menjadi runner-up di Piala AFF 2020 lalu. Baginya capaian tersebut masih dianggap mengecewakan karena ekspektasinya adalah menjadi juara usai muak dengan lima predikat juara dua sebelumnya.

Di mata Haruna, dalam sepak bola yang akan diperhitungkan adalah hasil dan bukannya proses. Tidak heran jika kemudian peminat Timnas Indonesia yang sudah kadung jatuh hati pada Shin Tae-yong pun berang.