Bola Internasional

Gara-gara Tak Bisa Bahasa Korea, Pelatih Anyar Ansan Greeners Ingin Ubah Posisi Asnawi Mangkualam

Kamis, 20 Januari 2022 17:56 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Di musim keduanya bersama Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam, bisa mengharapkan tantangan yang lebih berat. Pasalnya pelatih baru tim kasta kedua liga Korea Selatan tersebut, Cho Min-kook, punya rencana untuk mengubah posisi bermainnya secara radikal.

Dalam wawancaranya bersama Sports-G yang dapat disaksikan di Youtube per 19 Januari 2022, Cho ingin mencoba mendorong Asnawi untuk bermain lebih ke depan. Sebelum ini sang pemuda 22 tahun lebih banyak difungsikan sebagai bek kanan.

Tidak hanya memindahkan lini operasi Asnawi di lapangan, Cho bahkan ingin menjajal hal yang lebih berani lagi dengan mendapuk jebolan akademi PSM Makassar itu sebagai penyerang tengah dan penyerang bayangan. 

Pertimbangan pelatih yang menggantikan Kim Gil-sik di Ansan Wa Stadium sejak akhir tahun lalu itu adalah kemampuan komunikasi Asnawi dengan rekan-rekannya masih rendah. Di mata Cho, saling mengerti satu sama lain lebih diwajibkan untuk pemain bertahan ketimbang penyerang.

"Saya ingin menggunakan Asnawi sebagai penyerang. Saya mau agar fans Indonesia bisa melihat lebih banyak gol darinya. Ia sudah jauh-jauh datang ke Korea dan harus mendapat hasil yang maksimal," ungkap Cho.

"Musim lalu Asnawi banyak digunakan sebagai bek kanan. Saya sempat mempertimbangkan strategi untuk menjadikannya penyerang sayap. Posisi sebelumnya rawan karena sangat menuntut komunikasi karena banyak peran seperti overlapping maupun screenplay,"

"Asnawi tidak bisa bahasa Korea dan kesulitan menjalankan tugas itu. Jika ada kesempatan maka sayang akan pasang dia sebagai penyerang sayap karena dia juga kuat,"

"Ini semua masih belum keputusan final. Masih banyak yang bisa berubah. Yang jelas saya mau agar Asnawi mencetak gol entah sebagai striker maupun winger," tambah eks manajer Ulsan Hyundai dan direktur Daejeon Hana Citizen FC tersebut.