Liga Indonesia

Bukan Persib Bandung, Ini Klub Paling Berkesan bagi Kang Abo Zaenal Arief

Jumat, 21 Januari 2022 15:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Bukan Persib Bandung, ini klub paling berkesan bagi pesepak bola legendaris timnas Indonesia, Zaenal Arief atau yang akrab disapa Kang Abo.

Seperti sapaan akrabnya, Kang Abo adalah pesepak bola asli Jawa Barat, dan pernah membela Persib Bandung. Bahkan, saat ini ia bekerja sebagai PNS di wilayah tersebut.

Hanya saja, saat masih aktif bermain sepak bola, Kang Abo alias Zaenal Arief kerap kali tersisih di skuat Persib. Makanya, ia memilih untuk minggat ke klub lainnya.

Zaenal Arief juga pernah membela Persita Tangerang, Persisam Putra Samarinda, lalu ke Persikabo Bogor, PSPS Pekanbaru, dan menutup kariernya di Persepam Madura.

Saat hadir di Youtube Tiento ID, Zaenal Arief ditanya klub yang paling berkesan baginya. Sosok asal Garut itu tidak ragu menjawab jika Persita Tangerang adalah yang terbaik.

"Klub yang paling berkesan, mungkin saya akan bicara Persita Tangerang ya, karena sudah membesarkan saya, memfasilitasi saya sampai ke timnas," jelas Zaenal Arief.

"Di situ kultur sepak bolanya sebenarnya adem-adem aja, perlahan tapi pasti, tidak pernah terlalu jor-joran. Mereka kalau kalah di kandang, biasa aja, tapi tetap perbaiki," cetusnya.

"Itu yang membuat saya nyaman dan bisa berkembang, karena tekanan publiknya juga tidak seperti di sini (Persib)," ungkap  Kang Abo via Tiento Indonesia.