Liga Indonesia

4 Tahun di Liga 1, Ini Resep Bintang Brasil Eks Barito Putra Lancar Bahasa Indonesia

Selasa, 25 Januari 2022 16:16 WIB
Penulis: Martini | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Hanya perlu 4 tahun bagi Cassio de Jesus untuk bermain di Liga 1, eks Barito Putera sudah lancar bahasa Indonesia, walaupun ia masih jadi warga negara Brasil. Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Hanya perlu 4 tahun bagi Cassio de Jesus untuk bermain di Liga 1, eks Barito Putera sudah lancar bahasa Indonesia, walaupun ia masih jadi warga negara Brasil.

INDOSPORT.COM - Hanya perlu empat tahun bagi Cassio de Jesus untuk bermain di Liga 1, eks Barito Putera sudah lancar bahasa Indonesia, walaupun ia masih jadi warga negara Brasil.

Cassio de Jesus pertama kali membela Semen Padang FC di tahun 2016-2017 lalu. Kemudian, ia pun pindah ke Liga Malaysia.

Memasuki pertengahan Liga 1 2019, Cassio kembali ke Indonesia dan membela Barito Putera. Menariknya, saat itu Cassio sudah lancar menggunakan bahasa Indonesia.

Sayangnya, pada bursa transfer putaran kedua BRI Liga 1 2021-22, Cassio dilepas oleh klub. Tapi salah satu hal yang paling dikenang ialah kemampuannya berbahasa.

Konon, Cassio mengaku tak pernah secara khusus mempelajari bahasa Indonesia lewat kursus, tapi cukup dengan mendengarkan percakapan pemain lokal yang ada di tim.

"Banyak teman tanya, bagaimana kamu bisa belajar cepat, dan bahasa Indonesia-nya bagus, apakah dari buku?" ungkap Cassio de Jesus melalui Youtube Tiento Indonesia.

"Saya bilang bukan. Waktu saya datang, saya tidak bisa bahasa Inggris. Di Padang, teman-teman tidak bisa bahasa Inggris juga," ujar eks pemain Semen Padang itu.

"Jadi saya tinggal dengan mereka, dengan orang Indonesia, dan banyak mendengar, di Whatsapp juga. Di sini, suara kata seperti di Brasil, jadi tidak susah untuk belajar."