Bola Internasional

Latih Malaysia, Kim Pan-gon Pernah Jadi 'Malaikat Pelindung' Shin Tae-yong

Selasa, 25 Januari 2022 14:10 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Berbeda dengan klaim media kebanyakan, pelatih Timnas Indonesia yakni Shin Tae-yong rupanya punya hubungan baik dengan Kim Pan-gon selaku juru taktik baru Malaysia. Kim bahkan pernah mati-matian untuk mempertahankan Shin untuk tetap duduk di kursi manajer timnas Korea Selatan.

Sebelum resmi ditunjuk untuk menukangi Harimau Malaya, Kim sejak 2018 memegang jabatan maha penting di federasi sepak bola Korsel (KFA). Tidak cuma menjadi direktur teknik, pria berusia 52 tahun itu juga memegang peran sebagai wakil presiden.

Kim punya wewenang untuk mengatur arah timnas Korsel termasuk menunjuk pelatih. Ia pun sempat bekerja sama dengan Shin termasuk kala Taegeuk Warriors ikut serta di Piala Dunia 2018.

Setelah turnamen empat tahunan itu usai dan Korsel gagal melaju ke babak gugur, banyak yang beranggapan jika Shin perlu diganti. Padahal ia tetap menuai puja dan puji usai memimpin Son Heung-min cs mengalahkan Jerman 2-0 di matchday terakhir fase grup.

Kim tentu saja tidak sepakat dengan ide tersebut dan berniat untuk mempertahankan Shin. Hanya saja opininya tidak populer di kalangan petinggi KFA lain sehingga akhirnya masa bakti Shin untuk timnas Korsel berakhir pada Juli 2018.

Sebagai pengganti, Kim kemudian menunjuk pelatih asing dalam diri Paulo Bento. Juru latih berpaspor Portugal itu dikontrak hingga Juni 2022 mendatang.

"Saya lebih suka mempertahankan Shin Tae-yong. Keinginan itu tidak mendapat dukungan namun setidaknya saya sudah berusaha sekuat tenaga," beber Kim saat diwawancarai oleh Chosun, media Korsel, pada 2018 lalu.

"Sukses Shin Tae-yong mengalahkan Jerman patut diberi apresiasi tinggi. Ia adalah pelatih dengan jiwa kepemimpinan yang bisa meraih lebih banyak prestasi ke depannya," tambahnya lagi.