Bola Internasional

FAM Ungkap Alasan Tunjuk Kim Pan-gon sebagai Pelatih Timnas Malaysia

Jumat, 21 Januari 2022 18:29 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Asosiasi Bulutangkis Malaysia (FAM) menjelaskan alasan mereka menunjuk Kim Pan-gon sebagai pelatih kepala Timnas Malaysia yang baru.

Sebagaimana diketahui, FAM resmi mengumumkan pelatih asal Korea Selatan, Kim Pan-gon sebagai pelatih Timnas Malaysia menggantikan Tan Cheng Hoe, yang keluar usai gagal mengawal Timnas Malaysia di Piala AFF 2020.

Juru taktik asal Korea Selatan itu langsung mendapatkan kontrak berdurasi dua tahun di Timnas Harimau Malaya dengan opsi perpanjangan dua tahun.

Melansir dari BHarian, pelatih yang sebelum menjabat sebagai wakil presiden Federasi Sepak Bola Korea (KFA) ini baru akan tiba pada pertengahan Februari mendatang.

Presiden FAM, Hamidin Mohd Amin, menjelaskan alasan FAM menunjuk juru latih berusia 52 tahun ini karena diangga paling cocok di antara kandidat lainnya.

“Setelah menerima lamaran dari seluruh dunia, kami mendapati bahwa dia (Kim Pan-gon) merupakan kandidat terbaik, dan di antara kriteria seleksi adalah pemahamannya tentang sepak bola Malaysia, pernah melatih timnas, memiliki jaringan internasional, mengetahui siapa musuh Malaysia, dan kita bermain di ASEAN dan Asia sesuai harapan kita,” jelas Mohd Ami.

“Jika FAM puas dengan kinerjanya selama dua tahun ini, kami akan memperpanjang kontrak dua tahun lagi, tentu saja bisa lolos ke Piala Asia,” lanjutnya.

Kim Pan-gon yang pernah bermain untuk Ulsan Hyundai dan Jeonbuk Hyundai Motors di K-League pada 1990-an, memulai karir kepelatihannya sebagai asisten pelatih Busan IPark FC (2005-2008).

Kim Pan-gon juga pernah menikmati kesukesan ketika menjadi pelatih di timnas Hong Kong selama kurun waktu 2012 hingga 2017.