Bola Internasional

Tiru Indonesia, Malaysia Resmi Tunjuk Pelatih asal Korea Selatan

Jumat, 21 Januari 2022 16:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) resmi menunjukkan pelatih asal Korea Selatan, Kim Pang-on, sebagai pelatih baru menyusul jejak Vietnam dan Indonesia.

Kepastian ini diumumkan langsung oleh FAM melalui akun media sosial di Instagram, Jumat (21/01/21), dengan mengunggah foto pria berkacamata dan berambut gondrong.

“FAM mengumumkan penunjukkan Kim Pang-on sebagai pelatih kepala timnas baru Harimau Malaya (Malaysia),” demikian bunyi pernyataan FAM.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by FA Malaysia (@famalaysia)

Kim Pang-on akan mengisi kursi kepelatihan yang ditinggalkan Tan Cheng Hoe, yang sebelumnya mengundurkan diri usai gagal mengawal Timnas Malaysia di Piala AFF 2020.

Melansir dari The Star, FAM bahkan langsung memberi kontrak berdurasi dua tahun kepada Kim Pang-on dengan opsi perpanjangan dua tahun.

Juru taktik berusia 52 tahun itu disebut-sebut rela meningalkan jabatannya sebagai wakil presiden Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) untuk menerima pinangan Malaysia.

Sebelumnya, Kim Pang-on juga sempat menjadi pelatih di timnas Hong Kong selama kurun waktu 2012 hingga 2017.

Bisa dibilang, langkah Malaysia meniru jejak rival sengitnya sesama Asia Tenggara, yakni Vietnam dan Indonesia, yang lebih dulu menunjuk pelatih dari Negeri Gingseng.