Bola Internasional

Minta Maaf soal Insiden Faris Ramli, Asnawi Dapat Peringatan dari 2 Bintang Singapura

Rabu, 26 Januari 2022 19:35 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Provokasi ke Faris Ramli di Piala AFF 2020 membuat Asnawi Mangkualam menyesal namun tetap mendapat kritik dari sejumlah penggawa Singapura. Copyright: © PSSI
Provokasi ke Faris Ramli di Piala AFF 2020 membuat Asnawi Mangkualam menyesal namun tetap mendapat kritik dari sejumlah penggawa Singapura.

INDOSPORT.COM - Penggawa Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, akhirnya buka suara terkait insiden provokasinya pada pemain Timnas Singapura, Faris Ramli, di leg kedua semi-final Piala AFF 2020 lalu. Sang bek kanan mengaku jika perbuatannya itu salah namun klarifikasinya masih menuai hujatan dari sejumlah bintang Timnas Singapura.

Asnawi pada Rabu (26/01/22) ini membuat postingan Instagram terkait insiden dengan Faris Ramli di mana ia mengakui bahwa perbuatannya tidaklah terpuji. 

"Maaf karena kejadian ini tidak pantas untuk ditiru. Ini hanya terjadi akibat spontanitas dan saya hanya bilang terima kasih pada Faris," tulis Asnawi dalam bahasa Inggris.

Hanya saja sejumlah pemain Singapura seperti Ikhsan Fandi dan Irfan Fandi sepertinya masih tidak terima rekannya dihina. Kedua kakak beradik yang membela BG Pathum di Liga Thailand tersebut kompak meminta agar Asnawi belajar menghormati pemain lain.

© https://www.instagram.com/asnawi_bhr/
Komentar Ikhsan dan Irfan Fandi di Instagram Asnawi Copyright: https://www.instagram.com/asnawi_bhr/Komentar Ikhsan dan Irfan Fandi di Instagram Asnawi

Senada dengan  dua pemain berdarah Indonesia tersebut, sejumlah netizen dari berbagai negeri jiran di Asia Tenggara pun melancarakan nada miring pada Asnawi. Diduga mereka adalah fans Singapura dan Malaysia.

Asnawi sendiri sudah sempat mendapat teguran keras dari Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia karena perilakunya dianggap salah dan bahkan diancam tidak akan lagi dipanggil untuk tugas negara. Beruntung pemain 22 tahun yang membela Ansan Greeners tersebut cepat menyadari kekhilafannya.

Diharapkan Asnawi belajar dari kejadian ini dan pada akhirnya menjadi pribadi yang lebih baik di atas lapangan hijau. Terlebih ketika mengenakan seragam merah-putih timnas Indonesia di mana ia kini menjabat sebagai wakil kapten untuk Evan Dimas.