Liga Indonesia

Striker Lokal Melempem di Timnas, Legenda Persib: Kurangi Pemain Asing!

Rabu, 26 Januari 2022 09:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Aksi Dedik Setiawan di leg pertama final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Thailand. Dedik merupakan striker asli Indonesia. Copyright: © PSSI
Aksi Dedik Setiawan di leg pertama final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Thailand. Dedik merupakan striker asli Indonesia.

INDOSPORT.COM - Striker lokal belum mampu berbicara banyak, khususnya di timnas Indonesia. Sosok legendaris dari Persib Bandung, Zaenal Arief buka suara.

Zaenal Arief merupakan striker lokal yang cukup disegani pada masanya. Menjalani debut di Persib, ia mulai melebarkan sayap ke Persita Tangerang hingga timnas Indonesia

Namun, Zaenal Arief memutuskan gantung sepatu di 2014, menyusul rekan seperjuangannya kala itu, yakni Ilham Jaya Kesuma dan juga Gendut Doni Christiawan.

Tak lama berselang, satu per satu striker gaek Indonesia mulai meninggalkan kancah profesional, mulai dari Budi Sudarsono, Elie Aiboy, termasuk pula Bambang Pamungkas.

Sejak saat itu, belum ada lagi striker lokal yang menjadi ikon Merah Putih, yang tidak hanya disegani di klub, tapi juga ditakuti ketika membawa panji timnas Indonesia. 

Memasuki Liga 1 2021-22, striker legendaris Persib Bandung, Zaenal Arief berharap agar kualitas Liga Indonesia makin baik, supaya nanti bisa menghasilkan top skor lokal.

"Saya nggak mau membandingkan, tapi minimal zaman kami waktu itu, ketika Piala AFF digelar, sudah menjadi tradisi bahwa top skorer itu sudah pasti dari Indonesia," cetusnya.

"Mulai dari Ilham Jaya Kesuma, Bambang Pamungkas, Gendut Doni Christiawan, termasuk Budi Sudarsono," ungkap Zaenal Arief saat hadir di Youtube Tiento Indonesia.