Liga Indonesia

Filipina Dipenuhi Pemain Liga Amerika Serikat, Timnas Putri Sudah Pasrah

Kamis, 27 Januari 2022 07:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Pertandingan antara Australia vs Timnas Indonesia di Asian Cup Women India 2022. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Pertandingan antara Australia vs Timnas Indonesia di Asian Cup Women India 2022. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia putri, Rudy Eka Priyambada, sudah memetakan kekuatan Filipina selaku lawan di laga pamungkas Grup B Piala Asia 2022, Kamis (27/1/22). Lawan dinilai punya kualitas di atas skuat Garuda Pertiwi. 

Hampir semua pemain Filipina berkarier di Amerika Serikat dan hanya beberapa dari klub lokal. Meski kalah 0-4 dari Australia dalam laga terakhir, mereka unggul dalam fisik dan teknik karena sempat menekuk Thailand di laga pembuka. 

"Ketika saya lihat, Filipina hampir semua pemainnya mentas di Amerika Serikat dan hanya beberapa di kompetisi domestik. Mereka bahkan bisa mengimbangi Australia 0-0 di babak pertama meski akhirnya kalah 0-4," kata Rudy Eka Priyambada, Rabu (26/1/22). 

"Tapi mereka punya pemain bagus dan tim kuat, jadi kami harus persiapan dengan baik karena stamina, fisik dan pengalaman Filipina lebih baik dari kami. Saya berharap pemain kami juga tampil lebih baik," imbuhnya. 

Peluang timnas Indonesia putri untuk lokos ke fase selanjutnya sudah tertutup. Sehingga, Rudy Eka mengonfirmasi akan melakukan rotasi pemain saat nelawan Filipina. Dia ingin memberikan pengalaman bermain ke semua pemain yang dibawa ke Piala Asia wanita 2022. 

"Tentu saja (rotasi) karena ajang ini tergolong besar dan kami baru kembali bermain di Piala Asia setelah 33 tahun," cetus Rudy Eka Priyambada

"Kami tak punya banyak laga internasional. Turnamen ini menjadi pengalaman berharga buat pemain. Bagus untuk masa depan," tutupnya.