Bola Internasional

Top Skor Sepanjang Masa Piala Afrika dari Luar Benua Hitam, Ada Eks Madura United

Kamis, 27 Januari 2022 11:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo Piala Afrika. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo Piala Afrika.

INDOSPORT.COM – Berikut deretan penyerang yang lahir di luar kawasan Afrika, tetapi masuk dalam daftar top skor sepanjang masa Piala Afrika.

Biasanya, pemain yang masuk daftar top skor suatu turnamen wilayah berasal dari kawasan wilayah itu sendiri. Namun hal ini tak berlaku bagi Piala Afrika yang nyatanya beberapa pencetak gol terbanyak sepanjang masanya malah lahir di luar kawasan Afrika.

Sebagai contoh, di Piala AFF sendiri yang mempertemukan negara-negara Asia Tenggara, pemain yang berada dalam daftar pencetak gol terbanyaknya pasti pemain yang lahir dari ASEAN.

Ada nama Teerasil Dangda (Thailand) dan Noh Alam Shah (Singapura) yang lahir di Asia Tenggara dan merajai Piala AFF sendiri.

Atau contoh lain ada Cristiano Ronaldo yang lahir dan tumbuh di Portugal di kawasan Eropa yang mampu menjadi top skor Euro atau kompetisi terakbar antar negara di benua biru itu.

Hanya saja, untuk Piala Afrika beberapa nama yang masuk daftar top skor sepanjang masanya malahan lahir dan besar di luar Afrika.

Memang saat ini status top skor sepanjang masa Piala Afrika dipegang oleh Samuel Eto’o yang lahir dan tumbuh di benua hitam tersebut.

Namun, beberapa nama di bawahnya malah diisi oleh beberapa pemain yang justru lahir dan bahkan tumbuh di luar benua Afrika.

Lantas, siapa saja pemain yang lahir di luar Afrika namun berhasil masuk dalam daftar jajaran top skor sepanjang masa Piala Afrika?