Liga Indonesia

El Loco Gonzales Melegenda, Pelatih Chile: Dia Terbaik Sepanjang Masa

Jumat, 28 Januari 2022 07:05 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© Rans Cilegon FC
Aksi striker gaek Rans Cilegon FC, Cristian Gonzales, dalam pertandingan Liga 2 2021. Copyright: © Rans Cilegon FC
Aksi striker gaek Rans Cilegon FC, Cristian Gonzales, dalam pertandingan Liga 2 2021.

INDOSPORT.COM - Siapa pesepak bola terbaik sepanjang masa di Liga Indonesia? Jawabannya barangkali bisa berbeda-beda, tergantung latar belakang prestasi, kualitas teknik, dll, tapi sosok pelatih kelahiran Chile, Simon Elissetche, punya penilainan tersendiri. 

Terdapat banyak pemain hebat yang pernah berkarier di Liga Indonesia, namun menurut Simon cuma ada satu yang pantas menyandang predikat terbaik sepanjang masa. Siapa lagi kalau bukan Cristian Gonzales. 

Alasannya simpel, Gonzales merupakan satu-satunya pemain yang paling konsisten sejak pertama kali menginjakkan kaki Tanah Air pada 2003 memperkuat PSM Makassar hingga kini telah berusia 45 tahun dan terakhir masih aktif bermain sebagai striker Rans Cilegon FC di Liga 2 2021. 

Gonzales tercatat pernah sekali merengkuh titel juara Liga Indonesia bersama Persik Kediri edisi 2006. Dia berandil mengantarkan klubnya ke podium juara usai mengalahkan PSIS Semarang dalam pertandingan final yang menguras tenaga karena berlangsung selama 120 menit dan berujung skor tipis 1-0. 

Selain itu, Cristian Gonzales juga merupakan satu-satunya pemain yang mampu menyabet gelar top skor sebanyak empat kali, bahkan secara beruntun (2005, 2006, 2007, 2008/09). Hanya Boaz Solossa pesaing terdekatnya (3 kali top skor). 

Sepanjang berkarier di kasta tertinggi, striker gaek berjulukan El Loco alias Si Gila ini sudah menorehkan 231 gol. Jumlah ini belum termasuk koleksinya bersama tim-tim kasta kedua seperti PSS Sleman (2018; 15 gol), PSIM Yogyakarta (2019; 2 gol), dan Rans Cilegon FC (2021; 7 gol). 

Gonzales kokoh bertengger di puncak daftar top skor sepanjang masa Liga Indonesia. Di bawah El Loco ada Bambang Pamungkas (176 gol) dan Boaz Solossa (175). 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by TABLOID BOLA (@tabloid_bola)

"Saya kira tidak terbantahkan lagi bahwa Cristian Gonzales merupakan pemain terbaik sepanjang masa Liga Indonesia," kata Simon Elissetche saat ditemui redaksi berita olahraga INDOSPORT di Lapangan National Training Youth Center (NTYC) Sawangan, Depok, Kamis (27/1/22).